nusabali

Jokowi Juga akan Blusukan di Pasar Baturiti dan Melaya

Jelang Kunker Presiden, Pasar Anyar Buleleng Ditata Ulang

  • www.nusabali.com-jokowi-juga-akan-blusukan-di-pasar-baturiti-dan-melaya

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan pedagang buah, sembako hingga sayur mayur di Pasar Anyar Buleleng ditata kembali jelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kamis (2/2).

Sejumlah pedagang yang selama ini membuka emperan darurat dan memanfaatkan sempadan Jalan Sawo dan Jalan Durian kawasan Pasar Anyar terpaksa harus kembali ke lapak-lapak mereka di tengah pasar. Pedagang-pedagang terdampak penataan ini sebenarnya sudah memiliki lapak untuk berjualan di tengah pasar yang berlokasi di Kelurahan Kampung Kajanan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Hanya saja sejak bertahun-tahun pedagang memilih berjualan di pinggir jalan karena alasan lebih dekat dengan pembeli.

Tidak hanya pedagang yang ditata kembali, Pemkab Buleleng juga menerjunkan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng bersama direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Argha Nayottama untuk melakukan pembersihan. Sehingga perwajahan Pasar Anyar Buleleng, Selasa (31/1) kemarin terlihat bersih dan rapi. Terutama di sepanjang Jalan Durian dan Jalan Sawo yang biasanya krodit dipenuhi pedagang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengatakan penertiban dan pembersihan pedagang Pasar Anyar merupakan titik awal melakukan penataan kembali. Sehingga situasi pasar yang sudah rapi dan tertib saat ada kunjungan presiden tetap terjaga ke depannya.

“Setelah kunjungan Pak Presiden, akan membawa manfaat besar dan pasar lebih tertata lagi. Itu (penataan) sudah diperintahkan Pak Pj (Penjabat Bupati) kepada direksi Perumda Pasar, sudah juga dilakukan pendekatan sebelumnya dengan tokoh masyarakat terkait penataan pedagang dan kunjungan presiden,” ungkap Suyasa.

Persiapan lain yang juga dilakukan Pemkab Buleleng untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini dengan melakukan perbaikan jalan menuju Bendungan Tamblang, yang juga akan diresmikan Presiden Jokowi. Menurut Suyasa perbaikan jalan Jagaraga-Bebetin Kecamatan Sawan yang menjadi akses utama menuju Bendungan Tamblang sudah dilakukan perbaikan ringan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng.

“Jalan rusak itu nanti ada program penanganannya. Untuk saat ini rehab ringan dulu dari PU,” imbuh Sekda yang juga pernah menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng ini. Sementara itu, terkait rencana kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Buleleng, rute perjalanan dan rundown acaranya masih sangat dinamis. Rencananya pada, Kamis (2/2) besok, Presiden Jokowi akan berangkat bersama rombongan dari Ubud, Gianyar, kemudian memantau sejumlah pasar tradisional di Gianyar, Tabanan dan Buleleng sebelum akhirnya ke Jembrana.

“Hasil rapat koordinasi dengan Pemprov Bali dan tim protokol Istana Negara, kami ditugaskan untuk mempersiapkan kedatangan beliau yang rute dan agenda acaranya masih dinamis, karena semua baru ditetapkan di hari H,” papar Suyasa.

Presiden Jokowi juga diagendakan berkunjung ke Pasar Baturiti di Desa/Kecamatan Baturiti pada, Kamis besok. Pemkab Tabanan pun sudah melakukan persiapan terutama kebersihan Pasar Baturiti. Rencananya selain mengunjungi pasar, Presiden Jokowi akan memberikan bantuan sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 70 orang pedagang.

Asisten II Setda Tabanan, Anak Agung Ngurah Trisna Dalem mengatakan Tabanan sudah siap dikunjungi Presiden Jokowi. Dari hasil rapat yang digelar, Selasa  kemarin Tabanan hanya mempersiapkan dari segi kebersihan pasar hingga pengaturan pedagang. Selebihnya untuk pengawasan keamanan kawasan dilakukan pihak kepolisian dan protokol kepresidenan. "Kita sebenarnya berjalan alami saja untuk di lapangan," ujarnya.

Kata dia, Presiden diagendakan berkunjung ke Pasar Baturiti pukul 08.25 Wita sudah tiba di pasar. Kegiatannya melakukan peninjauan pasar dan memberikan bantuan kepada pedagang. "Sesuai informasi awal dan ini belum pasti, bantuan yang diberikan nanti berupa sembako dan BLT. Nanti Pak Presiden disambut langsung Pak Bupati di pasar," jelasnya.

Terpisah Perbekel Baturiti I Ketut Matra mengatakan persiapan pedagang di Pasar Baturiti akan dikunjungi Presiden sudah siap. Termasuk kebersihan sudah siap. "Sesuai infomasi Pak Presiden akan menyapa pedagang di dalam pasar," jelasnya.

Dia membenarkan selain kunjungi pasar, Presiden Jokowi juga akan memberikan bantuan kepada pedagang. Sesuai data awal akan ada 70 pedagang yang terima bantuan. "Yang 70 orang pedagang yang akan dibantu ini adalah masyarakat umum yang memang menjadi pedagang," tandas Matra.

Dia mengakui jelang kunjungan Presiden Jokowi sejumlah pejabat mulai dari provinsi dan kabupaten melaksanakan pengecekan. Turut pula polisi militer melakukan pengecekan secara ketat. "Sejak pagi sudah ada yang melakukan pengawasan di pasar," ungkapnya.

Persiapan serupa juga dilakukan Pemkab Jembrana yang wilayahnya diagendakan akan dikunjungi Presiden Jokowi. Dari informasi yang dihimpun, dua agenda Presiden Jokowi di Jembrana, Kamis besok akan meninjau Pasar Umum Melaya di Desa/Kecamatan Melaya, serta Sentra Tenun Jembrana.

Menjelang rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Jembrana, telah dilakukan sejumlah persiapan oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Di antaranya, yakni melaksanakan peninjauan di seputar areal Pasar Umum Melaya dan Sentra Tenun Jembrana, Minggu (31/1). Selain itu, untuk sejumlah persiapan telah dipersiapkan jajaran Pemerintah Daerah bersama TNI/Polri. Mulai dari mempersiapkan jalur yang dilalui rombongan presiden via darat dari Buleleng menuju Pasar Umum Melaya dan Sentra Tenun Jembrana. Termasuk memastikan sterilisasi spanduk dan baliho Presiden. *k23, des

Komentar