nusabali

Lolos Tiga Besar Kecamatan, Ogoh-Ogoh Yowana Denpasar Dinanti Dana Rp 30 Juta

  • www.nusabali.com-lolos-tiga-besar-kecamatan-ogoh-ogoh-yowana-denpasar-dinanti-dana-rp-30-juta

DENPASAR, NusaBali.com - Pemkot Denpasar sudah menyiapkan pola Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk sekaa teruna di Kota Denpasar mulai tahun 2023 ini.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Walikota Denpasar No 17 Tahun 2022. Perwali tersebut merupakan perubahan atas Perwali No 57 Tahun 2021. Perwali ini digagas untuk memberikan pedoman pengalokasian dan penggunaan BKK kepada desa adat, banjar adat, dan sekaa teruna.

Berdasarkan peraturan tersebut, setiap sekaa teruna di Kota Denpasar bakal menerima BKK sebesar Rp 10 juta setiap tahun. Dana ini, kata Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, boleh digunakan untuk menunjang kegiatan dan kreativitas yowana. Mulai dari kegiatan HUT hingga pembuatan ogoh-ogoh.

“Kami berusaha agar BKK ini dicairkan mulai bulan Maret tahun ini. Kalau sebelumnya itu kan biasanya akhir tahun baru cair,” kata Jaya Negara di hadapan perwakilan sekaa teruna se-Denpasar dalam sebuah sesi simakrama belum lama ini.

Yowana diminta untuk tidak khawatir soal birokrasi pencairan BKK. Sebab, para perwakilan sekaa teruna se-Denpasar yang jumlahnya lebih dari 400 entitas itu bakal digabung dalam satu WhatsApp Group. Diharapkan melalui grup percakapan ini, yowana bisa saling berkoordinasi lantaran tahapan dan contoh berkas bakal dibagikan di media tersebut.

Kabar baiknya, Pemkot Denpasar menjanjikan dana tambahan. Dana tambahan ini berupa apresiasi bagi sekaa teruna yang berhasil lolos tiga besar dari penilaian juri lomba ogoh-ogoh Pemprov Bali. Dengan demikian, tiga besar dari empat kecamatan di Kota Denpasar itu berhak atas dana tambahan sebesar Rp 20 juta.

Dana tambahan ini diperuntukkan sebagai dana persiapan parade pada Kasangafest di kawasan Lapangan Puputan Badung. Kata Jaya Negara, sekaa teruna yang masuk 12 besar penilaian Pemprov Bali itu akan tampil mengikuti parade festival pada 18 Maret 2023 mendatang.

“Selain parade, tanggal 17 Maret itu sudah mulai festivalnya, akan ada booth UMKM juga. Jadi sekaa teruna yang 12 besar itu bisa membuka booth. Silakan dipamerkan produk, merchandise, dan hasil kreativitas dari masing-masing sekaa teruna,” sebut mantan Wakil Walikota Denpasar.

Politisi PDIP ini meyakini Kasangafest akan menjadi panggung besar bagi para sekaa teruna. Sebab, pada hari parade itu dikabarkan akan ada kapal pesiar dengan 1.000 penumpang bersandar di Pelabuhan Benoa.

Jaya Negara mengaku sudah berkoordinasi dengan Pelni Benoa dan pihak terkait agar penumpang kapal pesiar tersebut bisa tour ke pusat kota untuk menonton parade ogoh-ogoh. *rat

Komentar