nusabali

KIB Tunggu PDIP

Belum Deklarasi Sambil Menunggu Perkembangan Koalisi

  • www.nusabali.com-kib-tunggu-pdip

Pimpinan dari tiga partai di KIB, yakni Partai Golkar, PAN dan PPP akan bertemu pekan ini. Mereka akan mematangkan rencana pengusungan capres dan cawapres

JAKARTA,NusaBali
Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Arsul Sani mengatakan partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN dan PPP masih intens berkomunikasi terkait capres dan cawapres 2024. Arsul menyebut penentuan itu juga menunggu PDI Perjuangan (PDIP) dan perkembangan eksternal koalisi.

"Perkembangannya kan paling tidak ada 3 hal yang kita juga akan lihat, akan pertimbangkan. Yang pertama tentu pada akhirnya PDIP akan memutuskan siapa sebagai capres dan cawapres, yang kedua juga akan dilihat apakah yang disebut sebagai Koalisi Perubahan itu betul-betul terbentuk," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir detikcom, Senin (30/1/2023).

Arsul menyebut juga memantau capres dan cawapres Koalisi Perubahan nanti. Dia menyebut pihaknya mempertimbangkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang telah diisi Gerindra dan PKB. "Dan akhirnya (Koalisi Perubahan) mengusung sosok yang sama baik capres maupun cawapresnya. Saya kira yang tentu akan dilihat juga adalah koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, kita lihat perkembangannya," tutur Arsul.

"Nah, kami di KIB juga tidak merasa ada keperluan untuk terburu-buru atau menentukan sekarang. Jadi, ya tenang-tenang sajalah dulu, begitu," imbuhnya.

Arsul juga menyoroti komunikasi antar elite partai. Dia menyinggung adanya komunikasi lintas partai, meski suatu koalisi sudah intens bakal terbentuk. "Sambil tentu harus diakui juga pada level pimpinan partai ada koalisi juga, lintas partai yang ada di koalisi yang berbeda, yang berpotensi pada koalisi yang berbeda," kata Arsul Sani.

Sementara Plt Ketua Umum PPP Mardiono mengatakan pimpinan dari tiga partai di KIB, yakni Partai Golkar, PAN, PPP akan bertemu pekan ini. Mereka akan mematangkan rencana pengusungan capres dan cawapres."Ya sebenarnya minggu ini kita mau acara pertemuan ketiga pimpinan partai. Tetapi, Pak Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan-red) masih ada di luar kalau nggak salah," kata Mardiono kepada wartawan, seperti dilansir detikcom, Senin (30/1/2023).

Mardiono menyebut mereka akan membahas soal bakal capres dan cawapres 2024. Dia mengaku KIB akan langsung mengadakan pertemuan ini usai Zulkifli Hasan tiba di Jakarta. "Kan sudah ada pematangan tentang tokoh-tokoh nanti yang layak kita usung oleh masing-masing partai politik. Oleh masing-masing partai koalisi," tutur Mardiono.

"Mungkin minggu ini. Kemarin Pak Airlangga (Ketum Partai Golkar-red) telepon, begitu Pak Zul sudah pulang, nanti kita bergerak," imbuhnya. *

Komentar