nusabali

Vaksinasi PMK di Kelurahan Padangsambian Sasar 103 Ekor Ternak

  • www.nusabali.com-vaksinasi-pmk-di-kelurahan-padangsambian-sasar-103-ekor-ternak

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian terus berupaya  memutus mata rantai penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, dengan melakukan giat vaksinasi.

Kali ini vaksinasi PMK dilakukan di wilayah Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat, Senin (30/1). Petugas dari Dinas Pertanian Denpasar bersama aparat Kelurahan Padangsambian menyasar sejumlah ternak milik warga, di antaranya sapi, kambing, dan babi. Jumlah ternak yang divaksinasi pada Senin kemarin total sebanyak 103 ekor.

Perlu diketahui, penyakit mulut dan kuku adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat cepat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba. Pengendaliannya sangat sulit dan sangat kompleks, karena dibutuhkan vaksin serta perlu pengawasan lalu lintas hewan yang sangat ketat.

Lurah Padangsambian I Ketut Alit Artika, mengatakan hasil pemantauan dan giat vaksinasi kali ini memang belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit virus PMK di wilayah kerjanya. Dia mengimbau kepada peternak untuk tetap waspada terkait adanya penyakit PMK ini, dan melaporkan bila mempunyai hewan peliharaan yang berasal dari luar wilayah. *bin

Komentar