nusabali

Antusias Vaksinasi Covid-19 Turun, Dinkes Gelar Gebyar Vaksin di Kantor Bupati

  • www.nusabali.com-antusias-vaksinasi-covid-19-turun-dinkes-gelar-gebyar-vaksin-di-kantor-bupati

TABANAN, NusaBali
Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan perluas sasaran vaksinasi booster tahap 2.

Mulai Senin (30/1) akan menggelar gebyar vaksin di Kantor Bupati Tabanan. Selain mempercepat sasaran, gebyar vaksin ini dilakukan sebagai ajang menggugah kesadaran masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Susila mengatakan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Kantor Bupati Tabanan adalah menyasar ASN Tabanan. Ini dilakukan sebagai ajang sosialisasi untuk menggugah kesadaran masyarakat melakukan vaksinasi. "Kami pertama sasar ASN untuk menggugah kesadaran masyarakat supaya tergerak ikut vaksin karena minat vaksin masyarakat turun," ujar Nyoman Susila, Sabtu (29/1).

Kata dia, gebyar vaksin yang dilakukan menyasar ASN ini sudah disiapkan 460 vial vaksin dengan 4 petugas kelompok layanan vaksinator. "Kita sudah umumkan pelaksanaan gebyar ini kepada ASN, jadi apabila sudah melaksanakan vaksin booster I dengan rentan waktu 6 bulan silakan datang ke Kantor Bupati Tabanan. Layanan dibuka mulai pukul 09.00 Wita," jelasnya.

Di Tabanan sendiri total jumlah sasaran untuk semua kelompok masyarakat adalah sebanyak 407.872. Dari jumlah tersebut, capaian vaksin booster I sudah 75,22 persen atau setara 254.610. Dia pun berharap dalam kegiatan booster kedua ini, masyarakat diminta kesadarannya untuk bisa mengikutinya. Booster kedua diberikan minimal enam bulan setelah masyarakat menerima vaksin booster pertama.

"Vaksinasi banjar, animo masyarakat sangat menurun. Dan kami sudah selalu berkordinasi dan menggandeng pihak desa untuk terus mensosialisasikan kegiatan ini, karena bagi sebagian masyarakat beranggapan tak ada lagi Covid, padahal kasus masih kerap muncul meski jumlahnya satu digit,"jelasnya.

Rencananya untuk percepatan capaian vaksinasi, kegiatan gebyar vaksinasi juga akan terus dilakukan saat event atau ketika ada acara-acara tertentu. “Usai di Pemkab, rencananya juga akan digelar di Gedung Maria, cuma jadwalnya nanti akan kami infokan lagi,” tandasnya. *des

Komentar