nusabali

Jalan ke Pura Manik Aji Segera Dipaving

  • www.nusabali.com-jalan-ke-pura-manik-aji-segera-dipaving

GIANYAR, NusaBali
Akses jalan menuju Pura Manik Aji di Desa Adat Pedapdapan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar akan dipaving.

Perbaikan infrastruktur ini merupakan program Bupati Gianyar untuk melancarkan akses jalan ke tempat suci. Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Agung Pastika mengatakan, pavingisasi akses jalan menuju Pura Manik Aji mendesak untuk segera diperbaiki. "Kondisi di lapangan sangat tidak mendukung saat warga melaksanakan upacara pujawali saat musim hujan," ungkap Dewa Pastika, Minggu (29/1).

Sebagai wakil rakyat, Dewa Pastika telah melakukan koordinasi. Menurutnya, Staf Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Gianyar sudah melakukan survei dan mengukur akses jalan ke Pura Manik Aji di Desa Adat Pedapdapan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Jumat (27/1).

Panjang jalan yang akan diusulkan program pavingisasi sepanjang 700 meter dengan lebar 1,5 meter. "Sudah diverifikasi. Semoga di Anggaran Perubahan 2023 ini bisa terealisasi," harap politisi asal Banjar Melayang, Tampaksiring ini.

Dewa Pastika juga berjanji mengawal program-program desa adat yang memungkinkan untuk mendapatkan bantuan pemerintah. Dua di antaranya Ngodakan Sesuhunan dan Karya Atiwa-tiwa. "Untuk program Ngodakan Sesuhunan sudah masuk dalam APBD Perubahan 2023, semoga cair. Program karya atiwa tiwa di anggaran induk 2023 sudah masuk," jelasnya.

Untuk program lain, Dewa Pastika meminta masyarakat agar tetap menjalin komunikasi. "Supaya desa adat tetap kompak solid dan bersatu. Kalau sudah kompak apa yang perlu difasilitasi pasti saya berupaya semaksimal mungkin. Karena Pejeng Tengah ini sudah jadi barometer perjuangan," tegasnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Pedapdapan, Anak Agung Gede Dharma yang saat itu turut mendampingi pengukuran jalan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar atas program bantuan akses jalan yang akan diberikan. Bendesa juga menyampaikan terimakasih kepada Dewa Pastika yang sudah menjembatani usulan pavingisasi akses jalan menuju Pura Manik Aji. Agung Dharma menjelaskan, Pura Manik Aji terletak di sebelah Timur Desa Pedapdapan tepatnya di atas tebing sungai. Akses masyarakat menuju pura awalnya berupa jalan setapak (jalan subak) hingga agak kesulitan untuk melaksanakan pujawali di pura tersebut karena sejumlah perlengkapan upacara seperti perangkat gong susah digotong menuju pura. "Demi kelancaran kegiatan upacara yadnya di pura, kami berharap program  Paving akses jalan menuju pura segera direalisasikan. Kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati Gianyar beserta jajarannya serta kepada Bapak Dewa Agung Pastika atas program pavingisasi ini," ujar Agung Dharma. *nvi

Komentar