nusabali

ISI Denpasar Gelar Pameran Fotografi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Fotografi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar pameran fotografi selama seminggu, 28 Mei hingga 3 Juni 2017 Bentara Budaya Bali (BBB) Ketewel, Kabupaten Gianyar. 

DENPASAR, NusaBali
"Pameran yang mengusung tema 'Imageinaction 3: Nirguna' sebagai upaya melakukan sebentuk seruan kesadaran serta kepedulian akan lingkungan," kata Ketua Panitia pameran tersebut, Farid Asyikin di Denpasar, Sabtu (27/5). Ia mengatakan, puluhan karya pilihan yang ditampilkan menyeroti problematik sekitar lingkungan, terutama masalah sampah. Masing-masing fotografer menghadirkan perspektif tentang sampah melalui karya fotografi.

Melalui pameran tersebut diharapkan, para penonton atau penikmat fotografi dapat tergerak untuk peduli pada lingkungan sekitarnya. Peserta pameran kali ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Fotografi ISI Denpasar serta delegasi terpilih dari Forum Komunikasi Mahasiswa Fotografi (FKMFI) di antaranya dari Institut Seni Indonesia Jogjakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universtas Trisakti, Universitas Pasundan dan Politeknik Media Kreatif Jakarta.

Farid Asyikin menjelaskan, pemilihan tajuk ‘Nirguna’ memiliki filosofi tersendiri. Nirguna yang terdiri dari kata ‘Nir’ dan ‘Guna’ dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak berguna, dalam hal ini merujuk pada definisi sampah.

Namun, bagi para fotografer muda ISI Denpasar, sampah justru bisa menjadi sesuatu yang bernilai guna. Ketika diterjemahkan ke dalam karya fotografi, sampah menjadi sebentuk kritik sosial serta seruan kesadaran bagi masyarakat untuk lebih peduli dan menjaga lingkungan.

Dalam memaknai pameran tersebut ditampilkan seni instalasi serta performing art yang merespon tematik pameran ‘Nirguna’. Serangkaian eksibisi juga diselenggarakan berbagai agenda, antara lain Workshop Cyanotype bersama pembicara Ida Bagus Candra Yana SSn MSn (Dosen Fotografi ISI Denpasar), Bedah Karya Fotografi oleh I Made Bayu Pramana SSn MSn (Dosen Fotografi ISI Denpasar) dan Lomba Fotografi On The Spot dan Live Mural.

Dosen muda Program Studi Fotografi ISI Denpasar I Made Bayu Pramana menyatakan, bahwa pameran ujian akhir semester yang digelar secara rutin oleh mahasiswa ini merupakan ajang yang sangat penting bagi perkembangan kualitas kekaryaan mahasiswa secara akademik. Karena dalam pameran mereka dituntut untuk dapat menjelaskan serta mempertahankan konsep yang melandasi karya mereka. 

Menurut Bayu karya fotografi akademis tidak saja indah secara visual, tetapi mengandung berbagai unsur seperti ide, teknis yang baik, serta keunikan yang spesifik sebagai gaya pribadi seorang fotografer. Pameran bersama 'Imagenaction' ini merupakan program berkala HMJ Fotografi ISI Denpasar. Agenda ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Maha Art Gallery, dan yang kedua tahun 2016 di Bentara Budaya Bali. 7 ant

Komentar