nusabali

3.000 Benih Nila Ditebar di Danau Buyan

  • www.nusabali.com-3000-benih-nila-ditebar-di-danau-buyan

SINGARAJA, NusaBali
Lebih  3.000 ekor benih ikan nila ditebar di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat (27/1) pagi.

Penebaran bibit nila ini dilakukan oleh jajaran Polres Buleleng bersama Desa Adat Pancasari dalam kegiatan 'Jumat Curhat'. "Diharapkan kelestarian Danau Buyan tetap terjaga dan nantinya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang ada di sekitaran danau," ujar Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanurdana.

Dalam kegiatan itu, Bendesa Adat Pancasari Gusti Ngurah Darma Wirata, menyampaikan sejumlah permasalahan di Desa Pancasari. Kata dia, jika pada musim hujan Desa Pancasari, harus selalu bergelut dengan banjir. Selain tingginya curah hujan, hal ini juga disebabkan sampah kiriman dari desa tetangga yang menyumbat saluran air.

Gusti Wirata mengatakan, saat musim hujan desa setempat selalu menerima air kiriman sampah dari arah selatan Desa Pancasari. Sehingga hal itu, menyebabkan banjir di desa setempat di kala hujan.

Pihaknya juga berharap pemerintah memberikan kepastian tapal yang wilayah di pinggir Danau Buyan. Pasalnya, selama ini penentuan batas wilayah dilakukan tergantung pasang surutnya air danau.

"Kami harap agar diberikan kepastian terhadap batas pinggiran danau. Selama ini disampaikan batas danau tergantung air pasang dan surut, sehingga masyarakat merasa dirugikan, begitu juga terhadap penetapan jalur hijau yang ada di wilayah Pancasari," ujarnya.

Selain itu, aktivitas pencari ikan dari luar desa setempat juga dikeluhkan nelayan. Karena saat melakukan aktivitas mencari ikan, warga tersebut menggunakan cantrang. Sehingga, hal ini mengganggu ekosistem pertumbuhan ikan. Karena saat menggunakan cantrang ikan kecil pun ikut tertangkap.

Kapolres AKBP Dhanu mengatakan, keluhan dari Bendesa Adat tersebut akan diteruskan kepada Pj Bupati Buleleng. Pihaknya akan merapatkan terkait sampah kiriman dan batas-bata wilayah.

"Terhadap batas-batas danau serta jalur hijau, ini juga akan kami rapatkan dan  dikomunikasikan serta dikordinasikan kepada Pemkab Buleleng. Begitu juga terhadap penerimaan banjir dan sampah karena menyangkut dengan wilayah lain dan Kabupaten lain," terangnya.

Pihaknya berharap, para nelayan bisa berkoordinasi dengan para pendatang pencari ikan untuk tidak menggunakan jaring. Sehingga ekosistem danau tetap terjaga. *mz

Komentar