nusabali

Tahun Politik, Kesbangpol Minta Jaga Kondusifitas Bali

  • www.nusabali.com-tahun-politik-kesbangpol-minta-jaga-kondusifitas-bali

DENPASAR,NusaBali
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali mengajak jajaran Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang terdiri dari perwakilan berbagai etnis di Nusantara, untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024.

"Forum Pembauran Kebangsaan  berperan penting untuk membangun dan mempertahankan kedamaian daerah," kata Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata di  Denpasar, Kamis, (26/1).

Di Provinsi Bali setidaknya terdapat 14 kelompok suku/etnis di Bali yakni Komunitas Flores, Sumba, Timor, dan Alor (FLOBAMORA); Komunitas Pasundan;  Komunitas Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI); dan Komunitas Ikatan Maluku Selatan (IKMS).

Kemudian ada juga Persaudaraan Setia Hati Ternate; Paguyuban Sosial Marga Tiong hoa Indonesia (PSMTI); Ikatan Keluarga Batak (IKB); Komunitas Bamus Sunda; dan Komunitas Ngeksi Gondo Yogyakarta.

Selanjutnya Komunitas Banyumasan; Komunitas Sirih Pinang; Ikatan Keluarga Andalas Selatan (IKAS); Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS); dan Komunitas Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL).

Menurut Wiryanata, FPK memiliki tanggung jawab besar untuk membangun semangat kebhinnekaan dan kebersamaan di daerah sehingga kondusivitas wilayah bisa terus terjaga. "FPK merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan," ujar birokrat asal Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem ini.

Kata Wiryanata, Badan Kesbangpol Provinsi Bali secara khusus menggelar acara silahturahmi dengan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali pada Rabu (25/1). "Melalui acara tersebut, sekaligus kami berkoordinasi terkait program kerja Forum Pembauran Kebangsaan menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024," ujar Wiryanata.*nat

Komentar