nusabali

Empat Mantan Kasek Diangkat Jadi Pengawas

  • www.nusabali.com-empat-mantan-kasek-diangkat-jadi-pengawas

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana menggelar pelantikan empat orang Pengawas Sekolah Dasar (SD), Kamis (26/1).

Keempat orang guru yang diangkat menjadi Pengawas SD itu seluruhnya merupakan mantan Kepala Sekolah (Kasek) SD.

Pelantikan empat Pengawas SD di Ruang Aula Jimbarwana, Kantor Bupati Jembrana dipimpin oleh Sekda Jembrana I Made Budiasa. Adapun empat Pengawas SD yang dilantik itu, di antaranya I Nengah Edi Mertha (mantan Kasek SDN 4 Lelateng), Ni Made Sudastri (mantan Kasek SDN 3 Kaliakah), Kade Ayu Susilawati (mantan Kasek SDN 2 Warnasari), dan Putu Ardana (mantan Kasek SDN 3 Medewi).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra mengatakan, empat Pengawas SD yang dilantik merupakan para mantan Kasek SD yang telah memiliki sertifikat pengawas dan guru senior.

Dari 4 Pengawas SD, itu 2 orang ditugaskan di wilayah Kecamatan Negara, 1 orang di Kecamatan Melaya, dan 1 orang di wilayah Kecamatan Pekutatan.  "Pengisian jabatan  Kepala Sekolah yang ditinggalkan masih kami  siapkan. Nanti diambil dari guru yang sudah punya sertifikat guru penggerak atau sertifikat calon kepala sekolah. Namun paling awal, kami akan tunjuk Plt (Pelaksana Tugas) dari guru yang senior dan punya kinerja baik di tiap SD itu," ujar Anom.

Menurut Anom, pelantikan  Pengawas SD tersebut juga sekalian mengisi kekurangan jumlah Pengawas SD di Jembrana. Sebelumnya, di Jembrana hanya ada 12 Pengawas yang membawahi 182 SD se-Jembrana atau dengan rata-rata satu Pengawas mengawasi sebanyak 15 SD. Namun dengan jumlah 16 Pengawas SD saat ini, sudah memenuhi kebutuhan ideal.

"Kalau idealnya, satu Pengawas SD mengawasi 10 SD sampai 12 SD. Nah tadi kita juga adakan rolling Pengawas SD yang sudah ada untuk pembagian tugas sekolah-sekolah yang mereka awasi. Jadi sekarang Pengawas SD sudah tercukupi. Kalau Pengawas SMP, sebelumya memang sudah tercukupi," pungkas Anom. *ode

Komentar