nusabali

Timbangan Bermagnet Ditemukan di Pasar Pesiapan

  • www.nusabali.com-timbangan-bermagnet-ditemukan-di-pasar-pesiapan

TABANAN, NusaBali
Timbangan berisi pemberat magnet ditemukan di Pasar Pesiapan Rabu (25/1).

Temuan tersebut didapatkan setelah Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) bidang Metrologi Legal gelar tera ulang.

Penera Ahli Muda Disperindag Tabanan, Ni Putu Erna Susanti mengatakan, terhadap temuan tersebut pihaknya akan mencatat kemudian memanggil pedagang untuk dilakukan pembinaan. "Di Pasar Pesiapan kami tera ulang timbangan sebanyak 50," ujarnya.

Tera ulang dilakukan di Pasar Pesiapan ini setelah tim selesai melakukan tera ulang di Pasar Tabanan. Dari dua hari pelaksanaan tera, ada 130 Wajib Tera Ulang (WTU) yang melakukan tera ulang. "Untuk kegiatan selanjutnya kami juga bergeser melakukan tera ulang di Pasar Kediri," tegas Susanti.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan sidang tera ulang ini untuk memastikan timbangan yang digunakan transaksi jual beli akurat, kegiatan ini juga untuk mencari upaya kecurangan yang dilakukan dengan memodifikasi timbangan.

Tahun tahun 2023 dianggarkan sebesar Rp 75 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan pada tahun 2022 yang hanya mencapai Rp 50 juta. Penggunaan anggaran ini termasuk juga akan dilakukan  melayani tera ulang di SPBU, Pertashop, hingga perusahaan.

Perusahaan dimaksud ini adalah perusahaan pengemasan ikan, perusahaan pemotongan ayam, hingga perusahaan anggur. Tera bertahap terutama yang perusahaan karena kita harus jemput bola agar tak mengganggu produksi mereka. *des

Komentar