nusabali

Marselino Ferdinan Terbang ke Belgia

  • www.nusabali.com-marselino-ferdinan-terbang-ke-belgia

Marselino Ferdinan dikabarkan akan memperkuat tim Liga 2 Belgia, antara SK Beveren atau  Beerschot VA.

SURABAYA, NusaBali
Penampilan gemilang Marselino Ferdinan bersama Persebaya dan Timnas Indonesia akhirnya membuat wonderkid Persebaya itu dilirik klub Belgia. Pemain berusia 18 tahun itu pun dikabarkan akan berangkat ke Belgia pada Rabu (25/1) ini.

"Untuk masalah Marsel, kami lihat dulu perkembangannya, yang jelas pekan ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia," kata  Manajer Persebaya Yahya Alkatiri, Selasa (24/1).

Oleh sebab itu, menurut mantan Manajer Persik Kediri tersebut, Marselino tidak bisa bermain saat Bajol Ijo melawat ke kandang Madura United di Stadion Ratu Pamelingan, Pamakesan, Minggu (29/1) untuk melakoni laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. "Untuk kepastiannya akan ada pengumuman dari manajemen Persebaya," kata dia menambahkan.

Untuk mekanisme Marselino ke Belgia, lanjut dia, sudah ada pembicaraan dengan ofisial dan akan segera diumumkan. Pelatih Persebaya Aji Santoso juga memberi dukungan untuk Marselino jika dirasa baik untuk jenjang karirnya ke depan.

"Untuk keberangkatan Marselino manajemen yang akan mengumumkan, yang jelas saya sebagai pelatih, misalkan Marselino ke luar negeri untuk menjalani trial dan lolos, saya akan bangga dan saya akan support," ujar dia.

Tentunya, menurut dia, tim pelatih akan ikhlas melepas Marselino karena untuk perkembangan karirnya. "Oleh karena itu, kemarin saya bilang, jika Marsel ke luar negeri dan tidak kembali ke Indonesia, saya akan ikhlas," kata Aji.

Menurut dia, paling tidak dirinya memberi sumbangsih kepada Marselino dalam perkembangan karier selama dia di Persebaya hingga dipanggil menjadi pemain Timnas Indonesia.

Sementara itu, saat ditanya wartawan usai pertandingan melawan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik pada Senin (23/1), Marselino enggan berkomentar terkait statusnya yang akan ke Eropa. "Pak Manajer, ke Pak Manajer," katanya singkat.

Marselino Ferdinan mengawali karier sepakbolanya bersama Bintang Timur di Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) Seri A U-15, kemudian kiprahnya berlanjut di ajang Elite Pro Academy U-16.

Pemain kelahiran 9 September 2004 tersebut mencatatkan namanya di papan skor saat Persebaya U-16 kalah 1-2 dari Kalteng Putra, kemudian kembali mempersembahkan gol di laga menghadapi Borneo FC. Penampilan apiknya di Seri 1 kala itu membuat Marselino dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-15, hingga menjadi bagian tim pada ajang Piala AFF U-15 2019.

Marselino bergabung dengan tim utama Persebaya di Liga 1 pada musim 2021/2022, adik kandung dari pemain PSIS Oktafianus Fernando tersebut melakukan debut pada 11 September 2021 dalam pertandingan melawan Persikabo.

Pada 6 November 2021, andalan Persebaya maupun Timnas Indonesia tersebut mencetak gol pertamanya pada pertandingan melawan Arema FC, yang berakhir imbang 2-2.

Hingga saat ini pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mengandalkan Marselino untuk memperkuat tim Garuda, baik junior maupun ke level senior. *ant

Komentar