nusabali

Audit Rampung, Segera Dilakukan Gelar Perkara

BUMDes Jehem Alami Kerugian Seratusan Juta

  • www.nusabali.com-audit-rampung-segera-dilakukan-gelar-perkara

BANGLI, NusaBali
Kasus dugaan korupsi dana Gerbang Sadu Mandara (GSM) dan dana penyertaan desa di BUMDes Jehem Kecamatan Tembuku, Bangli, terus bergulir.

Setelah menunggu lama, akhirnya hasil audit keuangan turun. BUMDes Jehem dinyatakan mengalami kerugian seratusan juta rupiah.

Kanit Tipikor Polres Bangli Ipda Wayan Dwipayana saat dikonfirmasi terkait hasil audit keuangan BUMDes Jehem, pihaknya membenarkan bahwa hasil audit sudah keluar.

Disampaikannya, audit dari Inspektorat telah diterima bulan lalu (Desember 2022) dengan hasil ditemukan terjadinya kerugian keuangan negara mencapai seratusan juta rupiah.

“Hasil penghitungan ditemukan terjadi kerugian keuangan negara sebesar Rp 172.543.115. Dengan turunnya hasil audit maka penanganan kasus akan segera ditindaklanjuti,” kata Ipda Dwipayana, Selasa (24/1).

Menurutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara. Sehingga untuk penetapan tersangka menunggu hasil gelar tersebut.

Seperti diketahui penyelidikan kasus terkait dugaan korupsi dana GSM dan dana penyertaan desa di BUMDes Jehem sejatinya sudah bergulir sejak tahun 2021. Dalam proses penyelidikan tersebut petugas sempat beberapa kali turun melakukan penggeledahan di kantor BUMDes Jehem.

Selain itu puluhan saksi telah dimintai keterangan. Diduga oknum pegawai BUMDes yang melakukan tindakan pidana korupsi dengan cara tidak membayarkan kredit nasabah. *esa

Komentar