nusabali

Agung Ary Wetan Berlaga di Dua Nomor Vovinam

  • www.nusabali.com-agung-ary-wetan-berlaga-di-dua-nomor-vovinam

JAKARTA, NusaBali
Banyaknya nomor cabang olahraga vovinam dalam SEA Games 2023 di Kamboja membuat sejumlah atlet bertanding di dua nomor.

Salah satunya I Gusti Agung Gede Ary Wirawan Wetan atau yang akrab disapa Ary Wetan. "Di SEA Games Kamboja, formasi kami tetap sama. Justru, kami akan turun di dua nomor. Satu nomor lagi Dong Doi Kiem Nam (Male Ying Yang Sword Form Team, 4 Males)," ujar Ary Wetan kepada NusaBali, Senin (23/1).

Sebelumnya, Ary Wetan pada SEA Games 2022 Vietnam hanya berlaga di Da Luyen Vu Khi Nam (Multiple Training - 01 Player Defends Against 03 Other With Weapon). Di nomor tersebut, Ary Wetan tampil bersama Dewa Gde Tomi Sanjaya, Gede Wisnu Atmadi Sudewa dan Nyoman Suryawan.

Menurut Ary Wetan, Dong Doi Kiem Nam (Male Ying Yang Sword Form Team, 4 Males) adalah nomor baru, dengan memainkan jurus pedang secara beregu. Sedangkan nomor perseorangan sudah pernah dipertandingan di SEA Games.

Ary Wetan dkk pun belajar dengan atlet vovinam yang pernah bertanding di nomor itu. Mereka juga melihat tutorial dari video yang dikirimkan dari Vietnam. Kini, mereka sudah hafal gerakan tersebut. Tinggal mereka melakukan pendalaman agar lebih menghayati dan kompak gerakannya.

Mereka kelak akan menjajal gerakan itu saat SEA Vovinam Championship pada 25-30 Maret 2023 di Kamboja. Ajang tersebut menjadi pemanasan sebelum berlaga di SEA Games. Mereka pun akan berlatih intensif mengenai gerakan itu. Pasalnya, pada awal Maret akan didatangkan pelatih dari Vietnam.

"Dengan begitu, kami berharap bisa lebih siap lagi dan dapat tampil maksimal di SEA Vovinam Championship," terang Ary Wetan, atlet kelahiran Tabanan, 23 Januari 1990 itu.

Di ajang SEA Vovinam Championship, Arfy Wetan dkk tidak mematok target tinggi. Mereka akan berusaha membawa pulang medali apapun. Begitu pula saat SEA Games 2023 Kamboja, juga tanpa raget muluk-muluk.

Namun berbeda dengan nomor Da Luyen Vu Khi Nam (Multiple Training - 01 Player Defends Against 03 Other With Weapon). Ary Wetan dkk memasang target meraih medali emas. Pada SEA Games 2022 , mereka mendapat medali perunggu di nomor tersebut. Sedangkan medali emas diraih tim Kamboja dan medali perak tim Vietnam.

Ary Wetan pun optimistis mendapatkan emas di SEA Games 2023 Kamboja, karena mereka adalah pemegang medali emas SEA Games 2011 Jakarta dan SEA Games 2013 Myanmar. Selain itu, mereka telah mempersiapkan diri dengan baik dan berlatih serius di Pelatnas yang berlangsung di GOR Debes, Tabanan sejak Oktober 2022.

Menurut Ary Wetan, mereka berlatih dari Senin hingga Sabtu. Terkadang saat kumpul bersama, mereka juga latihan sehingga membuat gerakan kian solid dan kompak. Memang tidak mudah mendapatkan medali emas di Da Luyen Vu Khi Nam (Multiple Training - 01 Player Defends Against 03 Other With Weapon).

“Pasalnya tuan rumah Kamboja, Thailand dan Myanmar mengalami kemajuan pesat pula di cabang olahraga tersebut,”kata suami Gusti Ayu Dwi Puspita Yanti ini.

Namun, Ary Wetan bersama tim akan berusaha maksimal dapat kembali meraih medali emas di nomor itu, sekaligus mengulang prestasi SEA Games 2011 dan 2013 . Apalagi, tidak ada perubahan formasi dengan timnya dan cukup mendalami gerakan di nomor itu.  *k22

Komentar