nusabali

Pra PON Tambah 4 Nomor, Perpani Bali Siapkan 24 Atlet

  • www.nusabali.com-pra-pon-tambah-4-nomor-perpani-bali-siapkan-24-atlet

DENPASAR, NusaBali
Pra PON cabang olahraga panahan menambah empat nomor dalam ajang Pra PON di Jakarta, Juni mendatang.

Empat nomor itu otomatis diperebutkan dalam PON XXI/2024, yakni  divisi nasional untuk dua nomor total jarak putra-putri serta dua nomor total beregu putra-putri. Sedangkan untuk Pra PON nanti, Perpani Bali menyiapkan atlet 24 atlet panahan.

Menurut Sekum Pengprov Perpani Bali, Infithar Fajar Putra pada Senin (23/1), dengan bertambahnya empat nomor, maka akan bertambah empat medali emas dalam PON 2024 di Aceh dan Sumut. Jumlah itu meningkat empat emas dibandingkan pada PON XX/2021 di Papua yang menyediakan 15 medali emas. “Bali sendiri telah menyiapkan 24 atlet dan kini sudah jadi tim definitif panahan Pra PON Bali,”kata Infithar Fajar Putra, yang juga Wakil Ketua I Pengkot Perpani Denpasar itu.

Menurutnya, kuota Pra PON memang 24 atlet putra dan putri sedangkan kuota pada PON 2024 maksimal 18 atlet. Infithar Fajar pun mengatakan, piahknya mempersiapkan pemanah sesuai kuota, apalagi Pra PON memakai entry by number untuk lolos ke PON 2024. Baru mendekati PON 2024 masuk ke entry by name.

“Berangkat dari entry by number itulah salah satunya sistim pertandingannya menggunakan ranking sistim beregu,”kata ,” Infithar Fajar.

Menurutnya, pada Pra PON nanti yang dipertandingkan nomor beregu. Ranking 1-3 otomatis bertanding di perorangan. Sedangkan ranking empat ke bawah akan bertanding lagi aduan beregu.

Menurut Infithar Fajar, atlet yang masuk tim Pra PON Bali sesuai level kejuaraan yang dijadikan dasar penilaian dan penentuan. Ke-24 atlet itu terdiri dari 14 pemanah Denpasar, 9 pemanah Badung dan satu atlet dari Buleleng.

"Untuk Training Camp (TC) akan dimulai tiga bulan sebelum Pra PON atau sekitar Maret 2023. Saat ini para pemanah yang masuk kerangka tim masih berlatih di klubnya masing-masing," kata Infithar Fajar Putra.*dek

Komentar