nusabali

Pemasangan Sempat Terkendala Cuaca Ekstrem dan Banjir Rob di Pantai Seminyak, Kuta

Patung Arjuna Setinggi 9 Meter Kini ‘Bertengger’ di Atas Tsunami Shelter

  • www.nusabali.com-pemasangan-sempat-terkendala-cuaca-ekstrem-dan-banjir-rob-di-pantai-seminyak-kuta

Pemasangan patung Arjuna di atas Tsunami Shelter itu merupakan pemasangan patung terakhir dalam rangkaian penataan Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita).

MANGUPURA, NusaBali

Patung Arjuna setinggi 9 meter akhirnya terpasang di atas Tsunami Shelter Pantai Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung pada, Minggu (22/1) pagi. Pemasangan patung tersebut merupakan patung terakhir yang dipasang dalam rangkaian penataan Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita). Sesuai rencana, pengerjaan ini diperkirakan rampung pada akhir Februari mendatang.

Project Manager Tunas Jaya Sanur Bianglala KSO, I Nyoman Agus Sandika mengatakan proses pemasangan Patung Arjuna di atas tsunami shelter dilakukan pada Minggu pagi pukul 10.00 Wita. Dalam proses pengangkatan, patung dengan tinggi 9 meter dan berat diperkirakan mencapai 60 ton itu hanya berlangsung selama 15 menit. Menurut dia, cepatnya proses pengangkatan dan pemasangan patung tersebut tidak terlepas dari kondisi cuaca yang bersahabat.

"Dalam proses pengangkatan itu tidak ada kendala. Jadi, proses dari tanah sampai ke atas gedung tsunami shelter itu hanya 15 menitan. Ini semua karena kondisi angin yang relatif bersahabat. Kondisi ini berbeda saat pengangkatan patung yang di Pantai Kuta," ujarnya, Senin (23/1). Dijelaskan Sandika, patung setinggi 9 meter itu diangkat menggunakan crane dengan kapasitas daya angkat 160 ton.

Setelah bertengger di atas tsunami shelter yang tingginya mencapai 20 meter, patung Arjuna itu tetap masih terikat dengan tali crane hingga Senin pagi. Hal tersebut untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk. Pasalnya, setelah berada di atas bangunan, pihaknya hanya melakukan pemasangan pengait. Nah, baru pada Senin pagi dilanjutkan pengecoran patung dengan bangunan.

"Crane tetap standby di lokasi, karena perlu dilakukan pengecoran lanjutan serta penambahan ornamen/hiasan bagian bawah patung. Jadi, untuk tinggi ornamen antara bagian atas tsunami shelter dan patung itu sekitar 2 meter," jelasnya seraya mengakui akan memasang ornamen awan-awan bagian bawah patung tersebut

Agus Sandika menjelaskan, pemasangan patung Arjuna ini merupakan pemasangan patung terakhir dalam rangakaian penataan Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita). Terkendala pemasangan Patung Arjuna ini karena terkendala faktor banjir ROB dan cuaca ekstrem belakangan ini. Sehingga baru terealisasi pada Minggu pagi. Untuk perampungan pengerjaan patung tersebut diperkirakan selesai pada akhir Februari mendatang. "Untuk keseluruhan patung besar sudah selesai semua, ada empat patung yang dipasang dan semuanya sudah selesai. Jadi, tinggal perampungan bagian tsunami shelter dan pewarnaan saja. Ya, mudah-mudahan selesai Februari mendatang," rinci Agus Sandika

Dengan selesainya pemasangan patung Arjuna membawa panah tersebut, keseluruhan pembangunan gedung tsunami shelter di Seminyak sudah mencapai progres 96 persen. Sehingga pada akhir Februari nanti, patung yang terpasang atas usulan masyarakat Seminyak itu bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. "Sejumlah patung ikonik yang dipasangkan di sejumlah Pantai Samigita itu bisa dikatakan nyaris rampung semuanya. Mulai dari Patung Masolah Bawa di Pantai Legian, Patung Dewa Baruna di Pantai Kuta, Patung Dewa Dewi di Pantai Jerman dan Patung Arjuna di Pantai Seminyak itu tinggal finishing saja," pungkasnya. *dar

Komentar