nusabali

PDI Perjuangan Dekati Pemilih Perempuan

Bagi-Bagi Makanan Bergizi Turunkan Stunting

  • www.nusabali.com-pdi-perjuangan-dekati-pemilih-perempuan

SINGARAJA, NusaBali
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Buleleng menggelar gerakan hidup sehat dengan bagi-bagi paket makanan bergizi olahan ikan, di Plaza Kuliner Pantai Penimbangan, Seni (23/1).

Sasaran kegiatan ini difokuskan pada ibu-ibu hamil dan anak-anak. Selain sebagai strategi pengenalan partai politik jelang Pemilu 2024 mendatang, kegiatan ini juga salah satu upaya untuk menurunkan kasus stunting.

Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, kegiatan yang menekankan bidang kesehatan dan kecukupan gizi masyarakat ini murni kontribusi PDIP untuk ikut menangani masalah yang dihadapi bangsa. Salah satunya persoalan stunting pada balita yang bisa mengancam masa depan bangsa.

Bupati Buleleng Periode 2012-2017 dan 2017-2022 ini mengatakan, sasaran perempuan dalam kegiatan ini juga merupakan simbol penghormatan bagi kaum ibu yang memiliki peran penting dalam keluarga, bangsa dan negara. Bahkan PDIP sejak awal pembentukan selalu memperhitungkan kader-kader perempuannya, untuk mendapatkan hak yang sama dalam dunia politik.

“Kenapa yang disasar ibu-ibu hamil dan anak-anak? Tujuannya untuk membantu ketercukupan gizi mereka sehingga dapat terhindar dari bahaya stunting,” ujar Agus Suradnyana didampingi Sekretaris DPC Gede Supriatna.

Menurutnya, kegiatan yang dirangkaikan dengan HUT PDI Perjuangan ke 50, terus dikumandangkan ketahanan pangan negara. Cita-cita yang besar itu disebut Agus Suradnyana dimulai dari daerah, dengan memanfaatkan sumber pangan lokal yang ada di sekelilingnya. Kemudian diolah menjadi makanan sehat dan bergizi.

“Kita di Buleleng memiliki garis pantai terpanjang dan produksi ikan sangat melimpah, sehingga hari ini (kemarin,red) kita pilih makanan olahan dari ikan, kemudian diterjemahkan dalam resep-resep tradisional, semua kita masak disini bersama-sama secara gotong royong dengan kader,” imbuh politisi asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Sementara Ketua Panitia Dewa Ketut Suardipa menambahkan, ada 300 orang ibu-ibu dan anak-anak yang menjadi sasaran kegiatan. Selain bertujuan memberikan kecukupan gizi ibu hamil dan balita, bahan utama olahan makanan itu pun diambil langsung dari nelayan di sekitar Pantai Penimbangan.

“Harapan dan arahan dari Ibu Ketua DPP PDI Perjuangan untuk ketahanan pangan dan kesehatan juga menghidupkan UMKM, ini sudah kita lakukan bersama hari ini, sehingga nelayan diberdayakan, pedagang di Plaza Kuliner ini juga kecipratan,” ungkap Suardipa. *k23

Komentar