nusabali

Dinkes Siapkan Vaksin Booster Dosis Kedua

  • www.nusabali.com-dinkes-siapkan-vaksin-booster-dosis-kedua

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menyiapkan vaksin Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat.

Rencananya, vaksinasi booster dosis kedua tersebut akan dimulai Rabu (25/1). Sementara layanan booster kedua untuk masyarakat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMD dan BUMN, telah dibuka mulai Selasa (24/1).

Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, dr Sucipto mengatakan, vaksin booster kedua sebelumnya hanya diberikan untuk tenaga kesehatan. Namun kini Kemenkes RI telah membuka vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum. Hal itu dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang vaksinasi Covid-19 Dosisi Booster ke-2 bagi kelompok masyarakat umum.

Layanan booster kedua ini dibuka di masing-masing Puskesmas. Namun khusus untuk para ASN akan dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan Buleleng. Dengan dibukanya layanan booster kedua ini, Sucipto menjamin stok vaksin aman. Pihaknya sendiri telah menerima tambahan stok kiriman dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

"Layanan booster kedua ini kami buka sampai targetnya tercapai. Booster kedua ini sebagian besar akan menggunakan vaksin jenis Pfizer serta vaksin jenis lain yang memiliki efek samping seminimal mungkin," terangnya.

Ditambahkan dr Sucipto, saat ini penularan Covid-19 di Buleleng sejatinya sudah melandai. Per Senin (23/1) tercatat hanya ada satu pasien terkonfirmasi yang dirawat di RSUD Buleleng lantaran memiliki komorbid. Namun vaksinasi terus digencarkan untuk meningkatkan antibodi masyarakat, terhadap serangan virus Covid-19.

"Covid memang sudah melandai. Kadang sampai tidak ada. Kalau pun kalau ada hanya sedikit dan yang terkonfirmasi punya kormobid atau yang tidak pernah vaksin," jelas Sucipto.

Di sisi lain, capaian vaksinasi dosis satu mencapai 83,83 persen, dosis dua mencapai 73,84 persen, dosis tiga atau booster satu mencapai 49,19 persen, sementara dosis empat atau booster dua mencapai 9,30 persen. "Vaksin sudah terbukti meningkatkan imunitas, dan bisa membuat penyebaran menurun. Jadi kami harap masyarakat datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan booster dua ini," tandasnya. *mz

Komentar