nusabali

Tilang Elektronik di Jembrana Mulai Mei

  • www.nusabali.com-tilang-elektronik-di-jembrana-mulai-mei

NEGARA, NusaBali
Pihak kepolisian mulai memasang sejumlah tiang untuk kamera pengawas dan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Jembrana.

Rencananya, khusus untuk pengoperasian kamera ETLE yang akan dipasang di 2 titik, akan diberlakukan mulai bulan Mei nanti.

Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Aan Saputra, saat dikonfirmasi Minggu (22/1), mengatakan, ada 9 kamera pengawas lalu lintas yang rencana diadakan di Jembrana tahun ini. Dari 9 kamera pengawas itu, ada 2 kamera yang akan dilengkapi sistem ETLE.

Adapun lokasi rencana pemasang kamera pengawas itu, di antaranya 1 titik di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, 1 titik di simpang Tugu Jam, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, dan 1 titik di traffic light (TL) Wibisana (persimpangan dekat Pasar Umum Negara), dan 1 titik di TL Adipura.

Kemudian 5 titik lainnya, ada 3 titik di TL Sudirman, 1 titik di wilayah Banjar Sebual, Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, dan 1 titik di wilayah Yeh Leh, Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan (perbatasan dengan Kabupaten Tabanan). "Nanti yang ETLE ada dua titik. Di TL Sudirman dan di Sebual," ujar AKP Aan.

Saat ini, AKP Aan mengaku, masih dilakukan proses pemasangan tiang. Salah satunya, juga sudah dipasang tiang untuk kamera ETLE di TL Sudirman. "Sekarang masih pemasangan tiang. Mungkin Januari ini sudah semua tiang bisa dipasang," ucap AKP Aan.

Setelah semua tiang dipasang, sambung AKP Aan, akan dilanjutkan pemasangan jaringan dan kamera. Jika semua proses berjalan lancar,  tilang otomatis melalui kamera ETLE itu akan diefektifkan pada bulan Mei nanti. "Nanti pasti ada uji coba dulu. Pekerjaan bulan Mei nanti sudah beroperasi," ujar AKP Aan.

AKP Aan mengatakan, selain pemasang 2 kamera ETLE, jajaranya Polres Jembrana juga sudah dibekali 3 alat ETLE mobile. Sat ini, jajaranya tengah digencarkan sosialiasi mengenai tilang elektronik tersebut.

Dirinya mengaku, dengan penerapan tilang elektronik itu, diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat mentaati aturan berlalulintas. "Kita berharap semua membiasakan tertib berlalulintas. Kalau tidak ingin ditilang, jangan melanggar," ucap AKP Aan. *ode

Komentar