nusabali

Tera Ulang Kembali Digelar

  • www.nusabali.com-tera-ulang-kembali-digelar

TABANAN,  NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabanan melalui unit Metrologi Legal kembali melaksanakan tera ulang di 14 pasar tradisional. Kegiatan tera ulang ini baru dilaksanakan setelah mandeg 3 tahun dampak pandemi Covid-19.

Sebagai awal tera ulang pertama kali akan dilaksanakan di Pasar Tabanan selama dua hari pada Selasa (24/1) dan Rabu (25/1). Kemudian menyusul ke pasar lainnya yang sudah dijadwalkan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Tabanan, Ni Made Murjani mengatakan, tera ulang ini adalah bagian terpenting dalam sistem penjualan di pasar. Sebab kegiatan ini sebagai wujud standarisasi tertib ukur timbangan pedagang.

"Kegiatan ini untuk menjamin keamanan konsumen dan kenyamanan pedagang, agar timbangan yang ada itu, benar-benar tepat, tepat sesuai ukuran yang sudah terstandarisasi. Keinginan kami 100 persen pedagang mau datang dan meluangkan waktunya untuk membawa alat timbangan mereka ke tempat yang sudah disiapkan di parkir pasar,” terangnya, Minggu (22/1).

Kata dia tak hanya pasar tradisional saja yang akan disasar untuk kegiatan tera ulang, namun SPBU maupun Pertashop yang ada di Tabanan juga diprogramkan dalam tera ulang tahun 2023 ini. "Kami juga akan layani tera ulang jemput bola. Bila pedagang tak bisa hadir di tempat yang ditentukan kami akan tera ulang ke tempat jualan," akunya.

Untuk itu dia pun berharap agar layanan sidang tera ulang yang berlangsung di Pasar Tabanan dapat dimanfaatkan oleh pedagang untuk menterakan ulang timbangannya agar sesuai dengan standar, sebagai upaya bersama mewujudkan Kabupaten Tabanan tertib ukur.

“Terkait kabupaten tertib ukur, Bapak Bupati selaku pimpinan daerah sangat mendukung kegiatan Tabanan yang diharapkan bisa menjadi kabupaten tertib ukur, maka Minggu kedua bulan Januari beliau sudah perintahkan kami selaku stafnya untuk menjemput cap tanda tera ke Direktorat Metrologi Bandung agar segera bisa melaksanakan tugas perdana di Pasar Tabanan,” tandas Murjani. *des

Komentar