nusabali

Lomba Bulan Bahasa Bali Kembali Digelar

  • www.nusabali.com-lomba-bulan-bahasa-bali-kembali-digelar

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng akan menggelar kembali Bulan Bahasa Bali. Lomba ini dirancang untuk pelajar sekolah dan akan mulai digelar pada 9 Februari.

Penguatan dan pelestarian penggunaan aksara Bali menjadi perhatian khusus pemerintah di era digital saat ini. Seperti diketahui, program Bulan Bahasa Bali yang dicanangkan Gubernur Bali dari tahun 2018 itu terus digencarkan melalui lomba pelestarian aksara Bali. Memasuki tahun ke-5 Bulan Bahasa Bali pada tahun ini, kabupaten/kota se-Bali diinstruksikan untuk lebih memuliakan penggunaan aksara Bali melalui beberapa kriteria perlombaan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Nyoman Wisandika mengatakan, pihaknya kembali menggelar lomba Bulan Bahasa Bali yang pada tahun ini bertema Segara Kerthi ‘Campuhan Urip Sarwa Prani’. Lomba ini diharapkan mampu sebagai ajang dalam penguatan bahasa, aksara dan astral Bali di tengah gempuran zaman digitalisasi.

"Penguatan dan pelestarian penggunaan aksara Bali menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Bali agar tidak tergerus oleh perubahan zaman," kata Wisandika, Minggu (22/1).

Ada enam kriteria lomba yang akan diselenggarakan dalam lomba ini, di antaranya lomba nyurat aksara Bali tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba nyurat lontar tingkat SMP, lomba debat mabasa Bali tingkat SMA/SMK, lomba ngewacen lontar tingkat remaja, lomba nyatua Bali tingkat paiketan krama istri (Pakis) dan lomba pidarta antar kelian/bendesa adat.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama unsur dari kecamatan dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) termasuk para dewan jurinya untuk menyusun bagaimana teknis kegiatan, alur pendaftaran dan pelaksanaan lomba tersebut.

"Karena perlombaan ini akan dilombakan antar kecamatan. Jadi wajib diikuti dengan enam kriteria perlombaan yang sudah ditentukan," imbuh Wisandika.

Rencananya waktu pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 3 Februari dilanjutkan technical meeting tanggal 6 Februari dan akan diperlombakan tanggal 9 Februari 2023. Nantinya pemenang dari masing-masing lomba itu akan mewakili kabupaten untuk mengikuti lomba Bulan Bahasa Bali tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2023. *mz

Komentar