nusabali

Dihempas Ombak Pantai Kelingking, Wisatawan Cedera Bahu

  • www.nusabali.com-dihempas-ombak-pantai-kelingking-wisatawan-cedera-bahu
  • www.nusabali.com-dihempas-ombak-pantai-kelingking-wisatawan-cedera-bahu

SEMARAPURA, NusaBali
Wisatawan asal Rusia, Mariaa, 33, dihempas ombak saat foto selfie di Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (21/1) sore.

Akibatnya korban mengalami cedera pada bahu kanan. Korban baru bisa dievakuasi sekitar pukul 21.30 Wita. Setelah mendapat perawatan di Nusa Medica Clinic, korban rencananya diruju ke RSU Klungkung.

Informasi di lapangan, kejadian ini bermula saat korban bersama seorang temannya Alex, 39, yang juga berasal dari Rusia berwisata di Pantai Kelingking, Sabtu sekitar pukul 17.30 Wita. Mereka menuruni tebing pantai dengan melewati anak tangga. Sesampai di Pantai Kelingking, Mariaa langsung foto selfie di tepi pantai. Saat asyik swafoto, tiba-tiba korban diterjang ombak besar hingga korban terhempas. Akibatnya, korban mengalami cedera bahu kanan. Kejadian ini dilaporkan ke Polsek Nusa Penida dan Tim SAR. Tak berselang lama, Tim SAR gabungan turun ke lokasi untuk mengevakuasi korban.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, sekitar pukul 20.00 Wita, Tim SAR gabungan tiba di lokasi dan langsung melakukan evakusi terhadap korban. Sekitar pukul 21.30 Wita korban berhasil dinaikkan dari Pantai Kelingking dan dibawa berobat ke Nusa Medica Clinic. “Korban mengalami dislokasi di bagian bahu kanan. Korban akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Klungkung,” ujar Kompol Sumerta, Minggu (22/1).

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, meskipun korban masih bisa berjalan, namun untuk faktor keselamatan dan mencegah cedera lebih parah maka mereka meminta bantuan SAR. Empat personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida bergerak menuju lokasi dan juga melakukan koordinasi dengan Polsek Nusa Penida serta Nusa Medica Clinic di Nusa Penida. Dengan kondisi gelap dan pencahayaan terbatas, Tim SAR gabungan tiba di Pantai Kelingking setelah 30 menit perjalanan.

Korban langsung diberikan penanganan medis dan dievakuasi menuju parkir Pantai Kelingking. Evakuasi juga melibatkan Unit Siaga SAR Nusa Penida, Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, BPBD Klungkung, tim medis Nusa Medica Clinic, dan masyarakat setempat. *wan

Komentar