nusabali

Wisatawan asal India Tewas Saat Snorkeling

  • www.nusabali.com-wisatawan-asal-india-tewas-saat-snorkeling

Turis asal Perancis, Lancelot Aurelien Sper, 28, cedera pada pinggang saat berenang di Pantai Kelingking sekitar pukul 12.40 Wita.

SEMARAPURA, NusaBali

Wisatawan asal India, Vamshi Krishna Ramuni, 27, tewas saat snorkeling di perairan Manta Bay, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (22/1). Belum diketahui penyebab kematian korban. Kasus ini mendapat penanganan Polsek Nusa Penida.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, saat dikonfirmasi membenarkan wisatawan asal India tewas saat snorkeling di perairan Manta Bay. Sebelum kejadian, sekitar pukil 08.30 Wita Vamshi datang bersama istrinya ke Manta Bay. Selanjutnya sepasang suami istri yang menginap di salah satu hotel kawasan Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida ini melakukan registrasi untuk snorkeling.

Usai registrasi, Vamshi dan istri didampingi pemandu wisata, Putu Agus Junaed, naik boat menuju lokasi snorkeling. Setiba di lokasi snorkeling, Vamshi langsung menikmati wahana bawah air. Sekitar 20 menit kemudian, korban dilihat mengambang oleh kapten boat, Kadek Teges Swenayasa, warga Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida. Saksi dibantu pemandu wisata mengangkat korban dan menaikkan ke atas boat. Korban dibawa menuju Pelabuhan Banjar Nyuh.

Di Pelabuhan Banjar Nyuh, korban diperiksa oleh petugas kesehatan kemudian dibawa ke Medical Clinic Nusa Penida. Korban dinyatakan meninggal dunia. Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, anggota langsung turun menggelar olah TKP. “Penyebab kematian korban masih dalam penyelidikan,” ujar Kompol Ida Bagus Putra Sumerta.

Pada hari yang sama, wisatawan asal Perancis, Lancelot Aurelien Sper, 28, mengalami cedera pada pinggang saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Nusa Penida, sekitar pukul 12.40 Wita. Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara mengatakan, setelah menerima permintaan untuk evakuasi, Tim SAR segera bergerak menuju lokasi kejadian. Tim juga melaksanakan koordinasi dengan Polsek Nusa Penida, Koramil Nusa Penida, dan Nusa Medica Clinic. “Stiba di Pantai Kelingking, tim mulai menuruni tebing. Sampai di dasar tebing berikan penanganan medis dan evakuasi korban melalui laut dengan menggunakan Boat Ocean Rider,” ujar Cakra Negara.

Sekitar pukul 16.20 Wita, Tim SAR gabungan bersama dengan korban tiba di Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida. Selanjutnya korban dibawa menuju Clinic Nusa Medica dengan ambulans. “Korban masih menjalani perawatan medis karena mengalami cedera pada pinggang,” kata Cakra Negara. *wan

Komentar