nusabali

Sipandu Beradat Dilatih Cara Mengatur Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-sipandu-beradat-dilatih-cara-mengatur-lalu-lintas

DENPASAR, NusaBali
Polsek Denpasar Selatan dipimpin langsung oleh Wakapolsek, AKP Ketut Sutarga melatih anggota Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) yang merupakan gabungan Pecalang, Linmas, dan Jaga Baya, Desa Adat Intaran, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan tentang tata cara mengatur lalu lintas.

Kegiatan yang digelar dalam Apel Konsolidasi Bersama (Asara) tersebut berlangsung di wantilan Banjar Intaran, Rabu (18/1) pagi.

Sebagai mitra kerja kepolisian dalam menjaga Kabtimas, anggota Sipandu Beradat dibekali dengan pengetahuan tentang tata cara mengatur lalu lintas. Apalagi Pecalang, Linmas, dan Jaga Baya yang merupakan Pam Swakarsa dari desa adat seringkali menjaga keamanan setiap upacara adat atau keramaian lainnya.

Belasan orang anggota Sipandu Beradat Desa Adat Intaran dilatih 12 Gerakan dasar pengaturan lalu lintas. Mereka dilatih guna menambah wawasan dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Dalam kesempatan itu juga Polsek Drnpasar Selatan menyerahkan bantuan alat penunjang kerja berupa senter lalu lintas kepada Bendesa Adat Intaran.

Bendesa Adat Intaran I Gusti Agung Alit Kencana menyambut baik kegiatan ini. Dirinya menjelaskan di Desa Adat Intaran terdapat tiga organisai keamanan yakni Linmas, Pecalang dan Jaga Baya dan bergabung menjadi satu dalam satu wadah organisasi bernama Sipandu Beradat. Mereka bertugas menjaga wilayah Desa Adat Intaran baik itu masalah keamanan maupun dalam menjaga kegiatan adat lainnya seperti upacara afama, perkawinan maupun ngaben.

Sementara Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Made Teja Dwi Permana mengatakan kegiatan Aksata merupakan program unggulan dari Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas dalam melaksanakan pengamanan lingkungan terpadu berbasis desa adat dengan pendekatan kearifan lokal Bali.

"Diharapkan melalui kegiatan apel konsolidasi bersama ini terjalin komunikasi dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Bapak Kapolresta mengedepankan pendekatan berbasis masyarakat. Selain itu banyak kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan Jumat Curhat," ungkap Kapolsek. *pol

Komentar