nusabali

ANTV dan tvOne Bagikan 4.392 STB untuk Warga Gianyar, Badung dan Buleleng

  • www.nusabali.com-antv-dan-tvone-bagikan-4392-stb-untuk-warga-gianyar-badung-dan-buleleng

MANGUPURA, NusaBali.com – Untuk mendukung percepatan program migrasi televisi analog switch off (ASO) ke televisi digital, ANTV dan tvOne mendistribusikan 4.392 unit Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat kurang mampu di Bali, yakni, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Buleleng pada16-23 Januari 2023.

Lokasi pertama pendistribusian STB menyasar wilayah Kecamatan Tampaksiring, Gianyar yang meliputi Kelurahan Manukaya, Tampaksiring, Sanding, Panjeng Kangin, Panjeng dan Panjeng Kelod dengan jumlah penerima STB 1.070 unit. 

Lokasi selanjutnya menyasar 18 desa di Kecamatan Abiansemal, Badung dengan jumlah penerima STB 1.793 unit. Dilanjutkan pemberian STB di Kecamatan Seririt dan Kecamatan Gerokgak, Buleleng dengan jumlah penerima STB 1.529 unit.

“Proses pembagian STB dilakukan melalui proses koordinasi, validasi data di tingkat desa dan dilanjutkan dengan pertemuan internal untuk pemantapan pembagian sehingga STB tepat sasaran dan diterima baik oleh masyarakat. Sehingga dengan beralih ke siaran digital masyarakat dapat menikmati siaran ANTV yang lebih bersih, jernih dan lebih canggih,” ujar Manager Corporate Communications ANTV, Riyandri Tjahjadi di sela-sela distribusi yang dilakukan di Abiansemal, Kabupaten Badung, Jumat (20/1/2023) siang.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Abiansemal, Ida Bagus Putu Mas Arimbawa mengatakan masyarakat di wilayahnya sangat antusias menerima bantuan STB ini. 

“Kami berterimakasih kepada ANTV dan tvOne atas diselenggarakannya pembagian STB gratis di sini. Semoga STB tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan masyarakat bisa menikmati siaran digital,” ujar Ida Bagus Putu Mas Arimbawa.

Selain medistribusikan STB, Tim ANTV juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah penerima manfaat bagaimana cara penggunaan STB dan memperoleh siaran digital. Selain itu pihaknya pun turut melakukan kunjungan langsung ke rumah warga penerima untuk mempermudah pemasangan STB. 

Lebih lanjut, untuk mengakses siaran ANTV via TV Digital, kata Riyanandri masyarakat hanya perlu menghubungkannya STB dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2. 

“Semoga pendistribusian STB gratis ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dapat menikmati siaran digital khususnya siaran ANTV dan tvOne,” tambah Riyandri Tjahjadi.

Adapun panduan dalam memasang STB yakni dengan menyiapkan STB dan antenna lalu pastikan TV dalam mode AV. Selanjutnya pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB dan pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warna di TV dan juga STB. 

Kemudian nyalakan STB lalu atur LCN dalam keadaan hidup atau ON agar langsung memperoleh channel digital ANTV dan tvOne. 

Langkah terakhir masukkan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal lalu klik pencarian otomatis dan siaran TV digital siap ditonton. 

Sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah wajib mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah NKRI dari sistem analog ke sistem digital pada Rabu (2/11/2022) silam.

Program yang disebut sebagai Analog Switch Off (ASO) atau program migrasi mode siaran TV ini pun membuat para pemilik TV biasa atau tabung alias TV analog khususnya masyarakat kurang mampus khawatir tidak dapat melihat siaran program kesayangannya lantaran memerlukan penggunaan perangkat tambahan. *ris

Komentar