nusabali

Yowana Sibanggede Satukan Spirit Siwaratri dengan Lomba Bapang Barong Banaspati Puja

  • www.nusabali.com-yowana-sibanggede-satukan-spirit-siwaratri-dengan-lomba-bapang-barong-banaspati-puja

MANGUPURA, NusaBali.com – Sabha Yowana Subasita Wasistha, Desa Adat Sibanggede menggelar lomba bapang barong dan makedang tunggal bertajuk Banaspati Puja pada Hari Suci Siwaratri, Jumat (20/1/2023) malam.

Ketua Panitia Banaspati Puja, Kadek Wirtama Ade Samantha, 25, menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba bapang barong ini sengaja diadakan pada Sukra Umanis Langkir. Sebab, hari ini merupakan purwaning Tilem Kapitu menuju piodalan di Pura Dalem Gede Desa Adat Sibanggede.

“Besok (Saniscara Pahing Langkir) adalah rahina piodalan di Pura Dalem Gede sekaligus sasuhunan akan napak pertiwi. Jadi, momennya sangat pas untuk meramaikan,” jelas Ade ketika dijumpai di sela-sela acara pada Jumat malam.

Ade juga tidak menampik bahwa jika ditarik secara filosofi, Hari Suci Siwaratri dengan tema yang diangkat yakni Banaspati Puja sangat sejalan. Sebab, Banaspati Raja sendiri merupakan salah satu bentuk perwujudan Dewa Siwa.

Pemuda berbadan tegap ini membeberkan bahwa pemilihan tema bertajuk Banaspati Puja tersebut merupakan implementasi dari pemujaan terhadap wujud Dewa Siwa di malam Siwaratri. Lebih-lebih, acara tersebut diadakan di Wantilan Jaba Pura Dalem Gede menuju puncak piodalan pada esok hari.

Sementara itu, lomba bapang barong dan makendang tunggal ini merupakan ajang pertama kali bagi Yowana Sibanggede. Kata Ade, ajang ini merupakan bentuk penyaluran kreativitas sabha yowana yang baru berusia satu tahun ini.

Hingga saat perlombaan sudah ada 13 pasang peserta dari seluruh Bali yang mendaftar. Sejumlah peserta tersebut bakal berkompetisi dalam format tarung bebas atau tukar pasangan secara spontan saat perlombaan.

“Untuk ajang yang pertama kali ini, peserta didominasi dari Kabupaten Tabanan, khususnya dari Desa Selemadeg,” imbuh Ade.

Berdasarkan keterangan Penyarikan Majelis Desa Adat (MDA) Kecamatan Abiansemal, I Wayan Sukarma, 56, pemenang dari lomba bapang barong Banaspati Puja ini bakal diberikan kehormatan tertinggi.

Kehormatan yang diberikan Desa Adat Sibanggede itu adalah menarikan sasuhunan Ratu Gede saat napak pertiwi pada Tilem Kapitu esok.

“Peraih juara satu akan diberikan kesempatan ngayah menarikan Ratu Gede Dalem Sibanggede pada Tilem Kapitu di piodalan besok,” tutur Sukarma ketika dikonfirmasi pada Jumat malam.

Di lain sisi, Banaspati Puja ini menjadi batu loncatan dan ajang pemanasan bagi Yowana Sibanggede yang masih muda secara organisasi. Dari hasil pemanasan ide dan kreativitas ini, Ade selaku Ketua Panitia berharap para yowana bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk ajang-ajang di masa mendatang. *rat

Komentar