nusabali

Yowana Buleleng, Ayo Ramaikan Lomba Ogoh-Ogoh

  • www.nusabali.com-yowana-buleleng-ayo-ramaikan-lomba-ogoh-ogoh

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng mengajak seluruh yowana yang ada di Buleleng meramaikan lomba ogoh-ogoh se-Bali yang digelar Pemerintah Provinsi Bali menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada 22 Maret 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng I Nyoman Wisandika mengatakan, lomba yang digelar oleh Pemprov Bali ini untuk memberikan penghargaan terhadap kreativitas yowana dalam mendedikasikan semangat keagamaan melalui karya ogoh-ogoh. Adapun pendaftaran lomba ogoh-ogoh ini akan dimulai pada 5 sampai 22 Februari 2022.

Wisandika menyebutkan, lomba ogoh-ogih ini dibuka secara umum. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus dituruti peserta lomba. Di antaranya ogoh-ogoh yang dibuat merupakan karya yang akan digunakan untuk memeriahkan Hari Raya Nyepi, menggunakan bahan ramah lingkungan, tinggi ogoh-ogoh minimal 3 meter dan maksimal 5 meter. Selain itu, ogoh-ogoh bercirikan tradisi Hindu Bali serta dilarang keras menampilkan unsur politik, SARA, dan pornografi.

"Ogoh-ogoh yang dibuat bisa berupa figur dewa dan figur raksasa. Ogoh-ogoh yang dilombakan, akan langsung dinilai di tempat oleh tim juri, tidak diarak. Untuk juri di tingkat kecamatan sudah kami siapkan. Kami harapkan di masing-masing kecamatan minimal 4 yowana yang ikut. Kalau bisa lebih banyak juga lebih bagus," ujar Wisandika, Kamis (19/1).

Kata Wisandika, dalam lomba ini penilaian akan dimulai dari tingkat kecamatan. Di masing-masing kecamatan akan dipilih tiga karya terbaik untuk melaju ke kabupaten. Nantinya mereka yang lolos ke tingkat kabupaten dan berhasil meraih peringkat I, II, dan III akan mendapat hadiah uang tunai. Untuk juara I akan mendapat hadiah uang sejumlah Rp 50 juta, juara II Rp 35 juta, dan juara III Rp 25 juta. *mz

Komentar