nusabali

Hujan Berjam-jam, Bencana Kepung Karangasem

Bencana di 12 Titik, Longsor hingga Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-hujan-berjam-jam-bencana-kepung-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Karangasem selama beberapa jam lamanya, Kamis (19/1) sore berdampak terjadinya sejumlah bencana.

Tercatat ada 12 titik bencana saat hujan deras mengguyut, yakni tanah longsor di 6 titik, pohon tumbang di 3 titik dan terjadi banjir di tiga lokasi. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengungkapkan bencana yang  tersebar di 12 titik tersebut, yakni jalan tertimpa longsor di Banjar Siig, Desa/Kecamatan Manggis jebol. Longsor juga menimpa rumah milik I Komang Yos Sudarso di Banjar Siig, Desa/Kecamatan Manggis.

Longsor juga terjadi di Banjar Pande Sari Desa/Kecamatan Bebandem menimpa rumah I Wayan Suastika, longsor di Banjar Jungsri, Desa/Kecamatan Bebandem menimpa rumah  I Wayan Sridana, dan panyengker Pura Prajapati di Banjar Dukuh, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem jebol.

Sedangkan pohon aren menimpa kabel milik PT PLN di Banjar Karanganyar, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem. Selain itu pohon tumbang juga menimpa rumah I Wayan Sudi di Banjar Karanganyar, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, dan pohon aren menimpa kabel PT PLN di Banjar Wates Kangin, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Derasnya hujan juga menyebabkan terjadinya bencana banjir di Sungai Gelombang, Banjar Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang. Banjir juga terjadi di Banjar Kecicang Bali, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, dan material kerikil naik ke jalan raya terbawa arus air di Banjar Telutug, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

“Sementara kami melakukan assessment, terutama di lokasi tanah longsor. Sedangkan pohon tumbang telah kami tangani bersama masyarakat,” jelas IB Arimbawa.

Mengingat cuaca masih hujan lebat, dan menjelang malam, sehingga penanganan tanah longsor berlanjut hungga, Jumat (20/1) hari ini. Sekretaris Camat (Sekcam) Manggis I Putu Agus Sumahendra saat duhubungi mengatakan terjadi jalan jebol di Banjar Siig, Desa Manggis, Kecamatan Manggis. “Itu jalan lingkar, masih ada jalan alternatif. Jalan jebol itu telah memasuki Banjar Siig, jalan aspal itu putus, kemudian ambles (turun),” jelas pejabat dari Banjar Tengah, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis.

Sedangkan Perbekel Bebandem, I Gede Partadana mengatakan longsor terjadi di Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem menimpa gudang milik I Wayan Suastika. “Longsor itu menimpa mobil Daihatsu Terios dan 2 ekor ayam mati,” jelas Suastika.

Petugas BPBD Karangasem kemarin langsung melakukan penanganan awal di bawah koordinasi Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Sementara BPBD bersama anggota polsek, anggota koramil dan masyarakat melakukan penanganan awal bencana pohon tumbang. Sedangkan tanah longsor masih menunggu alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan raya. *k16

Komentar