nusabali

Rekomendasi Aplikasi Menulis Novel yang Terbukti Membayar Penulisnya

  • www.nusabali.com-rekomendasi-aplikasi-menulis-novel-yang-terbukti-membayar-penulisnya

DENPASAR, NusaBali.com - Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak platform digital yang kian bermunculan, diantaranya adalah aplikasi jual beli online, aplikasi sosial media, hingga aplikasi yang bisa menghasilkan uang.

Salah satu aplikasi yang bisa menghasilkan uang dengan cara menulis novel secara online adalah Fizzo Novel, melansir dari Ulahkita.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sedang naik daun, karena selain membayar penulisnya Fizzo Novel juga memberikan bonus kepada pembacanya.

Dilansir dari Ogahribet, Fizzo Novel akan memberikan reward berupa saldo uang kepada penggunanya yang berhasil menyelesaikan tugas yang ada.

Diantaranya adalah membaca novel dan mengundang teman untuk ikut bergabung di aplikasi Fizzo Novel.

Jika teman bergabung dengan menggunakan kode referral pengguna, maka pengguna bisa memperoleh bonus saldo puluhan ribu rupiah.

Selain Fizzo Novel, banyak juga aplikasi menulis novel lainnya yang terbukti membayar penulisnya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi menulis novel yang terbukti membayar dan bisa menghasilkan uang untuk penulis : 

1. Wattpad

Siapa yang tidak kenal dengan platform menulis dan membaca novel Wattpad? Aplikasi ini memang telah terkenal seantero Indonesia bahkan hingga ke seluruh dunia.

Selain novel, banyak juga jenis tulisan lain yang dimuat di Wattpad diantaranya adalah artikel, cerpen, hingga puisi.

Karya-karya tulisan yang diunggah di Wattpad bisa dimonetisasi yang artinya penulis akan mendapatkan bayaran dari tulisannya.

Wattpad akan membayar hingga $25.000 jika penulis mampu memenuhi kriteria tertentu sebagai imbalan kepada penulis karena membuat karya mereka eksklusif hanya untuk Wattpad.

2. GoodNovel

Rekomendasi aplikasi menulis novel yang terbukti membayar selanjutnya adalah GoodNovel.

Aplikasi ini menerima karya-karya tulisan baik yang berbahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Disini, para penulis dapat mengajukan kontrak dengan syarat harus menyetor minimal 5.000 kata dengan jumlah bab 6 hingga 12.

Nantinya, karya novel yang didaftarkan kontrak akan diperiksa terlebih dahulu oleh editor in house sebelum ditayangkan di GoodNovel.

Namun sebelum mengirim novel untuk diajukan kontrak, pastikan bahwa PUEBI-nya sudah baik karena apabila PUEBI-nya masih berantakan parah tidak peduli seberapa bagus ceritanya, editor akan mengembalikan novel kepada penulis untuk diperbaiki dahulu.

3. Storial.co

Storial.co merupakan aplikasi menulis dan membaca novel yang juga membayar penulisnya.

Nantinya, penulis bisa memperoleh royalti dengan minimal 500 pembaca di karya yang mereka tulis.

Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh Storial.co untuk bisa menghasilkan uang diantaranya adalah Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial Wallet atau dompet digital.

Tak hanya itu saja, penulis juga bisa berkolaborasi dengan penulis lainnya di Storial.co dalam satu novel, sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan ide.

4. Noveltoon

Noveltoon menjadi salah satu platform menulis novel online dengan jutaan pengguna yang juga terbukti membayar penulisnya.

Di Noveltoon, penulis harus mendaftar lalu membuat karya tulisan yang menarik secara rutin untuk bisa mendapatkan bayaran.

Semakin banyak pembaca karya tulisan tersebut, nantinya akan semakin besar pula reward yang akan didapat oleh penulis.

Tak hanya itu saja, penulis juga bisa mengajukan tanda tangan kontrak untuk bisa menghasilkan uang dari tulisannya jika karya mereka telah tembus 30 ribu kata.

Aplikasi ini cocok untuk penulis novel pemula yang ingin mendapatkan penghasilan sekaligus mengasah kemampuan menulis.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi menulis novel yang terbukti membayar penulisnya.

Bagi yang hobi menulis novel ataupun membaca novel, wajib untuk mendaftar di aplikasi-aplikasi diatas.

Komentar