nusabali

Tahun 2023, Jatah Calon Haji Naik

  • www.nusabali.com-tahun-2023-jatah-calon-haji-naik

AMLAPURA, NusaBali
Jatah calon haji tahun 2023 di Karangasem naik jika dibandingkan tahun 2022.

Jatah kal ini ini 23 calon haji dan sebelumnya hanya 13 jemaah. Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem Asmuni memaparkan itu, di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Rabu (18/1). "Kami masih menunggu surat keputusan resmi dari pemerintah, jatahnya hanya 23 calon jemaah di tahun 2023," jelas Asmuni.

Asmuni mensyukuri ada kenaikan calon jemaah untuk haji tahun 2023. Daftar nama calon haji telah ada. "Mudah-mudahan semua calon haji itu bisa berangkat," harapnya.

Lanjut Asmuni, jatah untuk Karangasem di tahun 2022 yakni 13 jemaah calon haji, didapatkan sejak tahun 2020. Karena sebelumnya mereka batal berangkat karena pandemi Covid-19. Mulanya, 24 jemaah masuk daftar tahun 2020. Karena pandemi Covid-19, maka saat itu batal diberangkatkan. Kemudian yang dapat izin keberangkatan hanya 13 jemaah. Akhirnya 11 jemaah yang berangkat, sedangkan 2 jemaah tidak bisa berangkat karena kelebihan umur, umurnya di atas 65 tahun. Mereka yakni H Syuaib Zen dari Banjar Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem dan Awaludin dari Banjar Sindu, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen.

Kemenag Karangasem melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, jelang keberangkatan calon haji tahun 2023 nantinya menggelar rekrutmen calon petugas haji dan umroh. Tugasnya, melayani keberangkatan calon haji, hingga di penginapan.

Calon haji wajib didampingi petugas pelayanan naik haji, untuk memberikan pelayanan, mulai dari sebelum berangkat ke tanah suci. Mereka perlu mondok di asrama haji, menjalani pelatihan tata cara naik haji, mulai dari keberangkatan dari tanah air hingga tanah suci.*k16

Komentar