nusabali

Siswa SD dari Bangli Tampil di Rakornas Kepala Daerah, Bupati Sedana Arta Ungkapkan Kebanggaan

  • www.nusabali.com-siswa-sd-dari-bangli-tampil-di-rakornas-kepala-daerah-bupati-sedana-arta-ungkapkan-kebanggaan

BANGLI, NusaBali
Salah seorang siswa SD asal Bangli menampilkan metode berhitung Gasing (Gampang Asik dan Menyenangkan) di hadapan Presiden Jokowi dalam   acara Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Senin (16/1).

Acara ini juga dihadiri para menteri dan seluruh kepala daerah se-Indonesia Rakornas bertema ‘Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi’. Siswa tersebut, Ni Kadek Yunanda Sahira, putri kedua dari pasangan I Wayan Agus Sutama - Ni Komang Latri. Dia kelas IV di SD Negeri 5 Kawan berasal dari Banjar Gaga Desa Tamanbali, Bangli. Yunanda tampil bersama sejumlah siswa dari beberapa kabupaten di Indonesia. Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan rasa bangga atas keikutsertaan siswa asal Bangli tersebut.

Untuk diketahui, Rakornas itu dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo, didampingi semua Menteri Kabinet Indonesia Bersatu sebagai pembicara dalam rakornas tersebut. Peserta rakornas adalah semua gubernur beserta anggota Forkopimda Provinsi se-Indonesia, Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/ Kota se-Indonesia.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan rasa bangganya pada siswa Bangli yang sudah berhasil tampil pada acara bergengsi ini. Dia berharap lebih banyak bermunculan siswa-siswa berprestasi dibidang akademik maupun non-akademik baik ditingkat Nasional maupun Internasional. "Harapan kami Kabupaten Bangli bisa bersaing dengan Kabupaten lain khususnya di Bali bahkan di Internasional di bidang Pendidikan," ungkapnya.

Jelas Bupati, keberhasilan siswa tersebut tidak terlepas dari hasil pelatihan program Bangli pandai berhitung dengan metode gasing yang diciptakan oleh Prof Yohanes Surya. Program Bangli pandai berhitung berhasil membuat siswa untuk cinta dengan Matematika. Siswa menjadi sangat nyaman dan bahagia,  senang belajar matematika, sehingga melahirkan siswa yang cerdas.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli I Nengah Wikrama mengatakan ada tujuh siswa yang tampil dalam Rakornas tersebut. Mereka dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Manokwari, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Bangli.

Siswa asal Bangli ini dipilih oleh Prof Surya dari salah satu siswa terbaik. Selain tampil dalam Rakornas, siswa yang bersangkutan juga sempat tampil di acara G20, tampil Alun - Alun Bangli pada saat perayaan HUT RI tahun 2022 lalu. Menurut Wikrama, siswa Ni Kadek Yunanda Sahira juga akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba sains dan matematika tingkat Asia, yang rencana berlangsung sekitar November 2023.

Terkait beasiswa bagi siswa berprestasi, Wikrama mengatakan untuk beasiswa berupa finansial belum, namun baru berupa pengayaan untuk dipersiapkan pada ajang lebih tinggi. "Kami akan komunikasikan kembali terkait reward untuk siswa ini," imbuhnya.*esa

Komentar