nusabali

Tekan Angka Unmet Need, BKKBN Bali Gelar Pelayanan KB Gratis

  • www.nusabali.com-tekan-angka-unmet-need-bkkbn-bali-gelar-pelayanan-kb-gratis

DENPASAR, NusaBali
Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bali menggelar pelayanan keluarga berencana (KB) serentak dan gratis di seluruh kabupaten/kota.

Pelayanan KB yang digelar selama tiga hari, 17–19 Januari 2023, bertujuan mengejar target minimalisasi angka unmet need atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi di Pulau Dewata.

Pelayanan KB ini hanya difokuskan untuk pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), antara lain IUD, implan, tubektomi, dan vasektomi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Ni Luh Gede Sukardiasih, mengatakan kegiatan ini menjadi momen yang sangat tepat untuk meningkatkan pelayanan KB, khususnya MKJP. Tahun 2022 capaian MKJP Bali sangat rendah, hanya mencapai 56,64 persen dari yang ditargetkan.

“Tentunya ini juga menjadi kesempatan bagi tenaga lini lapangan untuk bergerak lebih awal, karena biasanya belum terlalu banyak kegiatan di awal tahun, jadi tenaga lini lapangan bisa fokus mencari akseptor,” ujarnya, Rabu (18/1).

Dikatakannya, Provinsi Bali merupakan daerah dengan TFR (total fertility rate) atau rata-rata perempuan melahirkan terendah di Indonesia, yakni 1,9. Angka ini menunjukkan satu perempuan di Bali melahirkan paling banyak dua anak.

Kendati demikian, rendahnya angka TFR ini tidak sebanding dengan unmet need di Bali yang berada pada angka 17,9 (44,36 persen) dari target 7,94.

"Anomali ini kemungkinan dipicu penggunaan alat kontrasepsi tradisional dalam mengatur dan mengendalikan angka kelahiran di Bali,” ungkap Sukardiasih.

Angka unmet need merupakan persentase perempuan kawin yang tidak ingin memiliki anak lagi atau ingin menjarangkan kelahiran tetapi tidak memakai kontrasepsi.

Karena itu Sukardiasih mengimbau kepada pasangan usia subur (PUS)  untuk meningkatkan kualitas berkeluarga menjadi lebih baik dengan datang ke fasyankes terdekat, dan mengikuti pelayanan KB gratis ini dengan syarat membawa KK/KTP. *cr78

Komentar