nusabali

RSD Mangusada Buka Layanan PICU dan Klinik Bedah Anak

  • www.nusabali.com-rsd-mangusada-buka-layanan-picu-dan-klinik-bedah-anak

MANGUPURA, NusaBali
Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada Kabupaten Badung membuka layanan Klinik Bedah Anak dan ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Keberadaan Klinik Bedah Anak dan PICU tersebut diharapkan bisa meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat di Gumi Keris. Direktur Utama RSD Mangusada dr I Wayan Darta, mengatakan layanan Klinik Bedah Anak resmi dibuka pada 9 Januari 2023. Sedangkan ruang PICU dibuka pada 11 Januari 2023 yang disaksikan jajaran direksi, manajemen serta pejabat terkait. Dibukanya dua layanan tersebut, kata dr Darta, untuk menunjang kebutuhan akan layanan intensif yang berkualitas dengan fasilitas dan SDM yang terlatih.

Adapun kondisi yang memerlukan penanganan spesialis bedah anak antara lain diberikan kepada anak yang mengalami kelainan kongenital (kelainan bawaan), trauma, tumor, maupun permasalahan pada organ baik akut dan kronis. Untuk jam buka Klinik Bedah Anak, kata dr Darta, setiap Senin, Rabu dan Kamis. Pasien yang dilayani antara lain pasien dari usia 0 hari sampai usia di bawah 18 tahun.

“Di layanan Klinik Bedah Anak, kita didukung dokter spesialis bedah anak dr N Wisnu Sutarja, MKed Klin SpBA bersama paramedis yang kompeten,” kata dr Darta.

Sedangkan layanan di ruang PICU khusus merawat pasien yang membutuhkan perawatan intensif, utamanya perawatan dengan alat bantu nafas dari usia 29 hari, balita, sampai usia di bawah 18 tahun. “Ruang PICU RSD Mangusada terdapat fasilitas 4 bed dan 1 unit incubator dengan dokter spesialis anak sebagai dokter penanggung jawab ruangan,” papar mantan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Badung ini.

Masih menurut dr Darta, pelayanan Klinik Bedah Anak dan ruang PICU telah bekerja sama dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, sehingga fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas, klinik atau praktek dokter sudah bisa merujuk pasien-pasien yang membutuhkan penanganan dokter spesialis bedah anak maupun yang membutuhkan ruang perawatan PICU.

Di sisi lain, dr Darta juga mengungkapkan, selain menambah layanan Klinik Bedah Anak dan ruang PICU, RSD Mangusada juga sebelumnya meresmikan layanan Klinik Tradisional Komplementer Integrasi (Tradkom) pada 15 November 2022. “Klinik Tradisional Komplementer Integrasi di RSD Mangusada menyediakan layanan kesehatan tradisional seperti pengobatan herbal, pijat akupresur dan akupuntur yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dengan didukung oleh tenaga ahli yang kompeten,” jelasnya. *ind

Komentar