nusabali

PH Pagi Polres Badung Bantu Anak-Anak dan Lansia Seberangi Jalan

  • www.nusabali.com-ph-pagi-polres-badung-bantu-anak-anak-dan-lansia-seberangi-jalan

MANGUPURA, NusaBali.com – Police Hazard (PH) pada setiap memulai hari menjadi aktivitas wajib kepolisian. PH pagi ini biasanya diwarnai pengaturan kepadatan lalu lintas saat masyarakat berangkat kerja.

Namun, pemandangan yang sedikit berbeda terjadi pada PH pagi, Rabu (18/1/2023) di dua wilayah hukum Polres Badung yakni Kecamatan Mengwi dan Abiansemal.

Di tengah kepadatan kendaraan, Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Badung terlihat membantu masyarakat dari kalangan anak-anak dan lansia untuk menyeberang jalan.

Momen tersebut terjadi di kawasan simpang Mapolres Badung di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Desa Mengwitani. Kawasan ini dikenal vital dan padat karena merupakan jalan protokol Denpasar-Singaraja.

Selain itu, tak jauh dari kawasan ini terdapat Pasar Hewan Beringkit, pasar hewan terbesar di Bali yang beroperasi setiap Minggu dan Rabu.

Di kawasan ini pulalah, seorang kakek berbaju batik sedang membawa barang berupa kardus yang dijinjing diseberangkan oleh seorang Polantas Satlantas Polres Badung Aiptu I Kadek Ariana.

Kakek yang berjalan dibantu tongkat kesayangannya itu diseberangkan oleh Aiptu Ariasa dari sisi Mapolres Badung menuju ke sisi barat jalan.

Kasat Lantas Polres Badung AKP Ni Putu Meipin Ekayanti menjelaskan bahwa pada jam padat kendaraan, selain pengendara, keselamatan pejalan kaki pun harus diperhatikan. Salah satu realisasi dari hal itu adalah membantu masyarakat menyeberangi jalan.

“Keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi. Lebih-lebih pada jam padat kendaraan, pejalan kaki harus diberikan perhatian khusus terutama dari kalangan lansia,” ujar AKP Meipin ketika dikonfirmasi pada Rabu siang.

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Abiansemal, tepatnya di silang Pasar Mambal, seorang Polantas menyeberangkan barisan siswa SD berpakaian olahraga merah.

Setelah melakukan PH pagi sejak pukul 06.30 Wita, membantu siswa menyeberang jalan menjadi hal baru setelah libur panjang tahun baru dan hari raya.

Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra membeberkan bahwa setelah sekolah dan kantor berjalan efektif pasca Hari Raya Kuningan ini, terjadi kenaikan volume kendaraan.

“Kami kerahkan petugas di lapangan untuk mengatur lalu lintas dan membantu anak-anak sekolah menyeberangi jalan,” tutur Kompol Sudarma ketika dikonfirmasi pada Rabu siang.

Kasat Lantas Polres Badung AKP Meipin Ekayanti menjelaskan bahwa pasca Hari Raya Kuningan ini, musim sekolah sudah dimulai kembali. Artinya mulai terjadi simpul kepadatan terutama di titik-titik di depan sekolah.

Anak-anak yang bersekolah dan pengantarnya, dikatakan AKP Meipin, bakal diberikan perhatian khusus. Lantaran, gangguan kelancaran dan kecelakaan lalu lintas berpotensi tinggi saat kepadatan kendaraan jalan umum bertemu simpul kepadatan kendaraan dari orangtua yang mengantar buah hati ke sekolah. *rat

Komentar