nusabali

Harga Gas LPG 3 Kg Naik

  • www.nusabali.com-harga-gas-lpg-3-kg-naik

BANGLI, NusaBali
Harga gas LPG ukuran 3 kg, dikenal dengan sebutan gas melon, naik sejak Senin (16/1).

Harga sebelumnya kisaran Rp 18.000, kini bisa tembus Rp 22.000/tabung gas melon, terutama di desa-desa.  Kenaikan harga LPG mengharuskan masyarakat mengeluarkan uang lebih untuk pemenuhan kebutuhan dapur ini. Salah seorang warga, Ni Wayan Artini mengatakan harga gas LPG 3 kg tiap warung atau pengecer bervariasi. Mulai dari Rp 18.000 - Rp 19.000. "Terakhir saya beli, sebelum Hari Raya Kuningan, Rp 18.000/tabung 3 kg. Kini harga sudah naik lagi," ungkapnya Selasa (17/1).

Lanjutnya, kenaikan harga gas LPG ini tentu memberatkan. Sebab gas LPG merupakan salah satu kebutuhan pokok. Karena sebulan bisa beberapa kali membeli gas ini. "Kalau di keluarga saya, gas tiga kilogram ini cukup untuk seminggu. Karena saya masak nasinya tidak pakai kompor. Kalau pakai kompor hanya cukup untuk tiga sampai empat hari saja," sebutnya.

Namun warga di pedesaan masih mungkin menyiasati dengan menggunakan kayu bakar. Sedangkan warga di perkotaan hanya mengandalkan gas LPG.

Dia berharap harga gas ini bisa kembali ke Rp 17.000/per tabung. Tidak hanya harga gas, sejumlah harga kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan akhir-akhir ini.

Disisi lain, salah satu pangkalan gas LPG, Sang Made Sujana mengatakan kenaikan harga Gas LPG 3 kg baru berlaku, Senin (16/1). Sebelumnya, harga satu tabung gas LPG 3 kg Rp 15.000. Sedangkan pasca ada Peraturan Gubernur Bali tentang penyesuaian harga gas LPG 3 kg, maka harga per tabung berkisar Rp 18.000 - Rp 19.000. "Informasi awal, jelang Galungan aada penyesuaian harga. Tapi, agar masyarakat tidak terbebani, sehingga kenaikan harga ini pascaKuningan," jelasnya.

Kini, harga gas melon di pangkalan Rp 18.000/tabung. Namun di desa-desa bisa sampai Rp 21.000 - Rp 22.000 per tabung, tergantung jarak pengiriman.

Di tengah kenaikan harga gas ini, Sujana berharap agar pengawasan gas lebih diperketat dan dilakukan secara berkelanjutan. Terutama pada isi gas, sehingga masyarakat tidak dirugikan. Beban masyarakat akan bertambah jika kenaikan harga gas ini tidak diikuti dengan isi tabung yang full. Ditambahkan pula, penjualan gas 3 kg masih tetap berjalan normal. Sebab gas merupakan kebutuhan primer. Sang Made Sujana mengaku mendapat kiriman dari agen per hari 100 - 200 tabung. Sedangkan penjualan gas per hari berkisar 50 - 60 tabung.*esa

Komentar