nusabali

Petugas Damkar Amankan Ular Sanca

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-amankan-ular-sanca

NEGARA, NusaBali
Petugas Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana mengamankan seekor ular Sanca panjang 1,5 meter.

Ular ini diamankan petugas saat berada di atap dapur rumah salah seorang warga di Lingkungan Mertasari, Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Selasa (17/1) pagi.

Dari informasi, ular itu pertama diketahui pemilik rumah, I Ketut Merta,60. Awalnya pada sekitar pukul 05.30 Wita, Merta hendak buang air ke kamar mandi. Saat berjalan menuju kamar mandi dan melewati dapur, dirinya pun kaget melihat ular sanca di sela-sela kayu rangka atap dapur.

Melihat ular tersebut, Merta langsung menghubungi salah satu saudaranya yang juga seorang anggota Satpol PP Jembrana. Laporan itu pun diteruskan ke Seksi Damkar yang kemudian turun melakukan penanganan, dan berhasil mengevakuasi ular tersebut pada sekitar pukul 06.30 Wita.

"Lama penanganan sekitar 45 menit. Tadi agak sulit untuk ditangkap karena posisinya sembunyi di atap. Kita juga berhati-hati agar tidak merusak atap genting. Jadi kita giring dulu biar jatuh, baru kita tangkap," ujar Kepala Seksi (Kasi) Damkar pada Satpol PP Jembrana I Kade Bagus Darmawan, Selasa kemarin.

Setelah berhasil diamankan, ular dengan berat sekitar 3 kg itu langsung dibawa ke Kantor Satpol PP Jembrana. Selanjutnya, ular diserahkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). "Untuk penanganan lebih lanjut, kami serahkan ke BKSDA. Biasanya dilepasliarkan ke hutan," ujar Bagus Darmawan.*ode

Komentar