nusabali

Gugus III Kuta Selatan Gelar Porjar dan PSP, 270 Siswa Berlomba Lolos ke Tingkat Kecamatan

  • www.nusabali.com-gugus-iii-kuta-selatan-gelar-porjar-dan-psp-270-siswa-berlomba-lolos-ke-tingkat-kecamatan

MANGUPURA, NusaBali.com - Setelah absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni  Pelajar (PSP) se-Kecamatan Kuta Selatan kembali digelar ditandai pembukaan yang dilangsungkan di Lapangan Yoga Perkanthi, Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Badung, Selasa (17/1/2023) pagi.

Agenda Gugus III Kecamatan Kuta Selatan yang berlangsung hingga Senin (23/1/2023) ini  melibatkan sebanyak 270 siswa dari 7 SD Negeri diantaranya SDN1 Jimbaran, SDN 3 Jimbaran, SDN 5 Jimbaran, SDN 8 Jimbaran, SD.9 Jimbaran, SDN 11 Jimbaran, dan SDN 12 Jimbaran, serta 2 SD Swasta yaitu SD Bintang Mandiri dan SDK Soverdi Jimbaran. 

 “Kegiatan ini diselenggaran karena ada instruksi dari Kabupaten Badung, bahwa di awal tahun harus melaksanakan kegiatan di tingkat gugus. Untuk selanjutnya ke tingkat kecamatan, lalu ke ke tingkat Kabupaten. Untuk hari ini kami semua mewajibkan seluruh perwakilan hadir dan mengikuti seleksi,” ujar Ketua Panitia, I Nyoman Suasta,  Selasa (17/1/2023) pagi.

Kegiatan bertema ‘Tingkatkan Kompetensi dan Kesehatan Siswa karena Terbebasnya Covid-19’ mempertandingkan 30 cabang olahraga yaitu atletik, sepakbola, bola voli, sepak takraw, senam, pencak silat, bola basket, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, renang, catur, panjat tebing, judo, taekwondo, karate, cricket, tarung derajat, gateball, woodball, panahan, petanque, dancesport, balap sepeda, kempo, wushu, kabaddi, baseball, soffball, menembak, dan selam. 

Sedangkan di bidang seni untuk jenjang SD sebanyak 6 cabang yaitu Tari Baris Manggala Yuda, Tari Margapati, nyalin aksara latin ke aksara Bali, melukis dengan tema ‘Senada dengan Lingkungannya’, masatua Bali, dan macepat atau sekar alit.

“Kami berusaha menyeleksi semua cabang perlombaan walaupun tidak ada peserta lain di cabang tersebut, nanti akan dicari kompetensi yang terpendam di masing-masing sekolah. Sehingga kami nanti bisa mewakili semua event yang akan dipertandingkan di tingkat kecamatan,”  ujarnya.

Event ini melibatkan 40 orang yang terbagi menjadi juri, pembina dan wasit, dimaksimalkan dari masing-masing sekolah yang memiliki kompetensi di bidang-bidang cabang lomba. 

Nantinya setiap pemenang peringkat pertama dan kedua, akan dibina lebih lanjut untuk mewakili Gugus III ke tingkat kecamatan yang diikuti perwakilan dari 7 gugus pada 13-17 Februari 2023.

“Untuk persiapan, biaya nanti diambil dari Dana BOS di masing-masing sekolah yang menyetorkan dana BOS sebesar Rp 4,5 juta, baik itu di bidang Porjar dan PSP yang dikelola oleh kepanitian tingkat gugus sampai ke tingkat kecamatan. Itu sudah termasuk pembiayaan konsumsi, sarana dan prasarana dan uang transpor bagi pembina. Kami selalu ingin mendapatkan target yang terbaik, kalau bisa maksimal sehingga nanti dari Gugus III bisa lebih banyak menjuarai di tingkat kecamatan karena tahun 2019 kami berada di peringkat ke dua,” harap Kepala Sekolah SDN 11 Jimbaran ini.

Dalam Kesempatan yang sama, Lurah Jimbaran I Wayan Kardiyasa berharap dalam gelaran ini semua pihak bisa mengedepankan sportivitas dan kreativitas agar bisa mencetak atlet dan artis berbakat yang dapat mewakili Gugus III di tingkat kecamatan. 

“Saya pun berharap para tim juri untuk sportif memilih atlet-atlet yang berbakat di bidangnya masing-masing. Jangan ada yang yang tidak sportif. Harapan kami bakat dan seni anak-anak bisa berkembang sesuai kompetensi yang dimiliki sehingga kelurahan Jimbaran bisa lebih maju,” paparnya.

Walaupun pihaknya belum bisa memberikan anggaran biaya bagi siswa SD Jimbaran untuk berlaga di tingkat kecamatan, namun Wayan Kardiyasa akan tetap memberikan support serta dukungan penuh.

“Kami di Kelurahan Jimbaran, karena tidak memiliki aggaran biaya, kami hanya memberikan ucapan terima kasih kepada anak-anak, memberikan support dan doa. Dan untuk adik-adik semua saya minta untuk tetap semangat berjuang dan semangat terus sampai puncak prestasi,” pungkasnya. *ris

Komentar