nusabali

Libas Madrid, Barca Juara Piala Super Spanyol

  • www.nusabali.com-libas-madrid-barca-juara-piala-super-spanyol

RIYADH, NusaBali
Barcelona berhasil menjadi juara Piala Super Spanyol 2023, setelah mengalahkan Real Madrid 3-1, dalam laga final di King Fahd Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Senin (16/1) dinihari WITA.

Trofi itu yang bagi Barcelona sejak memenangkan Copa del Rey pada 2021. Gavi dan Lewandowski membuat Barcelona unggul dua gol di babak pertama. Lalu Pedri mencetak gol ketiga Barcelona, sebelum Madrid memperkecil ketertinggalan lewat gol Karim Benzema.

Piala Super Spanyol itu sekaligus jadi jadi trofi perdana Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona. Xavi pun mengatakan dirinya sangat senang dan puas karena sangat penting tentang bagaimana menang.

“Jika kami tidak bermain seperti ini tentu saya tidak puas. Kondisi menang banyak hal, tapi kami selalu memikirkan bagaimana caranya," ujar Xavi.

Menurut Xavi, apa yang dirancang dan direncanakan berjalan dengan sempurna. Dia mengapresiasi para pemain. Sebab sejak di Arab Saudi, para pemain termotivasi untuk menang dan bekerja keras untuk itu.

Xavi merasa memenangkan Supercopa membawa ketenangan pikiran dan banyak kepercayaan diri.  Hal itu terutama karena para pemain dapat melihat apa yang direncanakan .

Xavi juga mengungkapkan, Barcelona tak hanya memenangkan pertandingan, tapi bermain dengan cantik. Tak sedikit fans yang rindunya terobati setelah lama tidak melihat permainan cantik khas Barca.

"Anda mengalahkan Madrid dengan mendominasi permainan dan ini membuat para pemain percaya pada apa yang dilakukan staf. Itu meningkatkan moral,”kata Xavi.

Sementara pemain andalan Real Madrid Federico Valverde mengungkapkan, timnya tidak bermain sungguh-sungguh dalam laga bertajuk El Clasico itu. Dengan begitu, Real Madrid harus rela melihat sang rival tertawa bahagia usai laga final tersebut.

Valverde pun menyesalkan kurangnya usaha dari timnya untuk meraih gelar dari Arab Saudi. Menurutnya, Real Madrid tidak bersungguh-sungguh mengerahkan semua kemampuan.

"Kami tidak memiliki semangat itu. Untuk dinobatkan sebagai juara, Anda harus keluar dan memberikan 100 persen. Kami tidak melakukannya hari ini", kata Valverde. ant

Susunan Pemain:
Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal (Nacho Fernandez 72’), Antonio Rudiger, Eder Militao, Ferland Mendy; Toni Kroos (Marco Asensio 72’), Eduardo Camavinga (Rodrygo 46’), Luka Modric (Dani Ceballos 65’); Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Andreas Christensen, Ronald Araujo (Eric Garcia 88’), Alejandro Balde; Frenkie de Jong (Franck Kessie 88’), Sergio Busquets, Pedri; Gavi, Robert Lewandowski, Ousmane Dembele (Raphinha 78’).

Komentar