nusabali

TPA Negeri Gianyar Tampung 20 Anak ASN

  • www.nusabali.com-tpa-negeri-gianyar-tampung-20-anak-asn

GIANYAR, NusaBali
Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar saat ini menampung 20 anak-anak usia 2 tahun sampai 4 tahun.

Mereka adalah anak-anak dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Gianyar. Hari pertama penitipan di Tahun 2023, Senin (16/1) sebanyak 16 anak. Kadis Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya mengatakan, penitipan anak gratis. Buat sementara untuk putra-putri ASN di lingkungan Pemkab Gianyar.

Suradnya mengatakan, waktu penitipan anak seperti jam kerja, dari pagi sampai waktu pulang kantor. ASN yang menitipkan anak sebanyak 22 orang. “Tergantung kesibukan ASN, kadang full semua datang, kadang kurang,” ungkap Suradnya. Anak-anak yang dititip dibekali makan siang dari rumah masing-masing. Disdik Gianyar menempatkan 4 pengasuh dan satu kepala pengasuh.

Para pengasuh ini mengawasi anak sejak dititip sampai dijemput oleh orangtua mereka. “Anak-anak tidak boleh keluar gedung penitipan,” jelas Suradnya. Fasilitas penitipan sangat lengkap, dari mainan anak, meja makan, tempat tidur, dan toilet untuk anak. Selain fasilitas lengkap, menurut Suradnya anak-anak yang dititipkan sangat nyaman karena ruangan ber-AC dan lantai karpet.

Pantauan di TPA Negeri yang berlokasi di Jalan Manik ini, Senin pagi saat anak-anak dititip meronta tidak ingin dititip. Empat pengasuh berusaha menenangkan anak-anak yang baru datang agar masuk gedung. Begitu masuk ruangan dan bertemu teman bermain, beberapa anak mulai tenang dan naik ke lantai dua untuk bermain. Daya tampung sebanyak 50 anak, jumlah pengasuh menyesuaikan. “Sementara untuk 20 anak, diasuh 4 orang. Sangat ideal, kami juga tempatkan dua penjaga termasuk petugas kebersihan,” jelas Suradnya. *nvi

Komentar