nusabali

Liburan, SMPN 4 Singaraja Sabet 14 Gelar Juara

  • www.nusabali.com-liburan-smpn-4-singaraja-sabet-14-gelar-juara

SINGARAJA, NusaBali
Di hari pertama proses pembelajaran semester genap tahun ajaran 2022/2023, puluhan siswa SMPN 4 Singaraja menerima reward.

Prestasi membanggakan yang diraih saat libur semester selama sebulan penuh diumumkan saat upacara bendera Senin (16/1) pagi. Mereka pun diberikan bonus berupa uang penghargaan dari sekolah sebagai motivasi.

Selama libur semester, tercatat ada 14 gelar juara yang berhasil didulang puluhan siswa SMPN 4 Singaraja. Mereka mencetak prestasi di sejumlah kejuaraan, di bidang akademik dan non akademik.

Salah satu prestasi puncak, yakni lomba fotografi tingkat nasional yang dilaksanakan Ruang Lomba Nasional Jakarta. Bahkan karya fotografi kategori SMP, siswa SMPN 4 Singaraja mampu memborong lima gelar, mulai Juara I, II, II, Harapan I dan Harapan II.

Guru Pembina Ekstrakurikuler Fotografi Pande Made Dedi Metrawan mengatakan, siswanya memang dibina secara rutin melalui ekstrakurikuler. Mereka dilatih dan dibina teknik dasar mengoperasikan kamera dan teknik pengambilan foto serta macam-macam jenis foto.

“Anak-anak memang berlatih dengan praktik langsung setelah mereka mendapatkan teori, itu dilakukan  setiap saat di lingkungan mereka baik di sekolah maupun saat ada di rumah dan di luar sekolah. Kemarin saat ikut lomba sebelum karya dikirim online saya cek dan beri masukan, akhirnya bisa merebut 5 dari 6 juara,” kata Dedi.

Guru Bahasa Inggris ini juga mengatakan saat penyetoran karya foto pada tanggal 1 Januari, karena tema foto bebas, siswa peraih juara mengirimkan karya yang bertema makro, landscape dan human interest.

Juara lomba fotografi prestasi di tingkat nasional juga dicatatkan sebelumnya. Dalam lomba yang digelar Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, siswa SMPN 4 SIngaraja berhasil meraih Juara III di kategori umum. Selain itu juga diraih Juara III Lomba Cipta Puisi tingkat nasional yang diselenggarakan Creativa Indonesia.

Lalu belasan juara juga diraih di bidang olahraga dari tingkat kabupaten dan provinsi. Yakni diantaranya Juara I Futsal antar SMP tingkat Buleleng, 5 juara di kejuaraan bulutangkis tingkat kabupaten dan provinsi, 3 juara di kejuaraan Shorinji Kempo tingkat kabupaten dan provinsi dan satu juara di kejuaraan pencak silat se-Bali.

Sedangkan di bidang akademik, siswa SMPN 4 Singaraja juga merebut Juara I dan III Olimpiade Matematika tingkat kabupaten yang dilaksanakan SMAN 3 Singaraja serta 10 besar Olimpiade Bahasa Inggris tingkat provinsi.

Kepala SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana mengatakan, keberhasilan siswanya dalam meraih prestasi tidak lepas dari dukungan orangtua siswa yang sangat besar. Meskipun dalam situasi libur semester selama satu bulan penuh tak menyurutkan niat siswanya untuk tetap berkompetisi.

“Jelang libur panjang kemarin memang kami di sekolah selalu memberikan motivasi kepada anak didik dan orang tua untuk selalu mengisi waktu dengan hal positif. Salah satunya mengikuti lomba-lomba sesuai dengan kemampuan dikuasai,” ungkap Budiastana.

Sekolah pun secara rutin memberikan reward kepada anak-anak yang telah berhasil meraih prestasi. “Meski jumlah bonus yang diberikan tidak seberapa dari sekolah, tetapi itu bisa memotivasi dan memberi semangat anak-anak untuk terus berprestasi, di samping juga dorongan untuk anak-anak lain yang belum meraih prestasi,” papar Putu Budiastana. *k23

Komentar