nusabali

Harga Tiket Pesawat Turun

  • www.nusabali.com-harga-tiket-pesawat-turun

Untuk rute Jakarta Bali tiket pesawat ditawarkan mulai dari Rp 700 ribuan

JAKARTA, NusaBali
Harga tiket pesawat di Indonesia mulai turun. Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Pada unggahan bersama di akun Instagram @sandiuno dan @pesona.indonesia, Sandiaga memperlihatkan beberapa contoh harga tiket di rute-rute favorit saat ini. Misalnya, Jakarta-Bali yang saat ini harga tiketnya mulai dari Rp 700 ribuan. Sebelumnya, harga tiket pesawat Jakarta-Bali disebut bisa mencapai Rp 1,3-3,3 jutaan.

Kemudian, Jakarta-Surabaya yang sebelumnya harga tiket pesawat berada di Rp 1 jutaan ke atas kini harganya diklaim cuma Rp 600 ribuan. Terakhir Jakarta-Jogjakarta diklaim harga tiketnya mulai dari Rp 400 ribuan saja setelah sebelumnya bisa mencapai Rp 800 ribu-1 jutaan.

Sandiaga Uno menyebutkan harga tiket pesawat turun karena harga avtur yang juga ikut turun. Dengan begitu, maskapai mulai menurunkan harga tiketnya.

"Seiring dengan melandainya harga avtur, sebagian besar maskapai penerbangan di Indonesia menerapkan harga tiket yang jauh lebih terjangkau dibanding beberapa bulan sebelumnya," ujar Sandiaga dalam unggahannya, Jumat (13/1) dikutip detikcom. "Kabar gembira. Harga tiket pesawat mulai turun," tulisnya.

Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno pun mengamini bila harga tiket murah saat ini. Menurutnya, kelas-kelas tiket murah mulai kembali lagi dibuka oleh para maskapai.

"Saya sih selalu bilang bukan turun ya, tapi harga lebih murah. Harga class murah dibuka. Sebenarnya, harga murah itu sudah ada dari dulu cuma nggak pernah dibuka class-nya," ungkap Pauline.

Selama ini tiket pesawat mahal dikarenakan banyaknya maskapai yang membuka kelas-kelas tiket di dekat harga tarif batas atas (TBA) layanan penerbangan.

"Sudah lama sekali maskapai hanya buka harga di kelas-kelas yang di tarif batas atas, jadi kelas-kelas yang di bawah, yang murah tidak dibuka," sebut Pauline.

Dibandingkan harga-harga tiket pesawat di beberapa online travel agent, misalnya untuk rute Jakarta ke Bali, memang benar apa yang disebut Sandiaga, tiket pesawat ditawarkan mulai dari Rp 700 ribuan.

Di Tiket.com misalnya, tiket penerbangan Jakarta-Bali paling murah ditawarkan Trans Nusa dengan harga Rp 708.000. Sementara itu ada lima maskapai lain yang menerapkan tiket di rentang Rp 700 ribuan, misalnya Super Air Jet di harga Rp 712.700, Lion Air di harga Rp 730.580, AirAsia di harga Rp 778.556, Citilink di harga Rp 778.556, dan Pelita Air di harga Rp 798.000.

Hal yang sama juga terjadi di Traveloka, untuk rute yang sama harga tiket yang ditawarkan tak jauh berbeda. Trans Nusa tetap yang paling murah dengan harga Rp 708.900. Lima maskapai lainnya juga ikut mematok harga di rentang Rp 700 ribuan.

Beralih ke rute penerbangan Jakarta-Surabaya, klaim Sandiaga kembali benar adanya. Tiket pesawat ditawarkan mulai dari Rp 600 ribuan.

Dilihat di laman Tiket.com, ada tiga maskapai yang menawarkan harga di rentang Rp 600 ribuan. Mulai dari Lion Air yang menawarkan tiket dengan harga Rp 618.730, lalu Super Jet dengan harga Rp 656.350, dan juga Citilink dengan tiket seharga Rp 667.000.

Di Traveloka pun sama, tiket Jakarta-Surabaya harganya di rentang Rp 600 ribuan. Paling murah adalah Lion Air dengan harga Rp 618.800, Super Jet dan Citilink pun ikut mengekor dengan harga tiket pesawat di rentang Rp 600 ribuan.

Terakhir, rute Jakarta-Yogyakarta yang disebut Sandiaga tiket pesawatnya dimulai dari harga Rp 400 ribuan saja. Setelah dicek, lagi-lagi klaim Sandiaga tidak salah, tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta di online travel agent dijual di rentang Rp 400 ribuan paling murah.

Di laman Tiket.com, tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta paling murah ditawarkan oleh Lion Air seharga Rp 482.580. Kemudian, Trans Nusa juga menawarkan tiket di rentang Rp 400 ribuan, tepatnya sebesar Rp 499.560.

Hal yang sama juga terjadi di Tokopedia, dua maskapai menawarkan tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta di rentang Rp 400 ribuan. Lion Air menawarkan dengan harga Rp 482.600 dan Trans Nusa di harga Rp 499.600. *

Komentar