nusabali

Dirjen Imigrasi Cek Pengurusan Paspor di Imigrasi Denpasar dan Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-dirjen-imigrasi-cek-pengurusan-paspor-di-imigrasi-denpasar-dan-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi memantau pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Denpasar dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai, Kamis (12/1).

Pemantauan juga berlangsung pada bagian pengurusan izin tinggal bagi WNA. Dirjen Imigrasi Silmy Karim menerangkan, peninjauan dimulai dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Menurut dia, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar dapat mengakomodasi sebanyak 150 pelayanan paspor dan 500 pelayanan warga negara asing (WNA) setiap hari.


“Ada tiga hal yang ditekankan, yaitu pertama, menjadikan organisasi lebih hebat. Kedua, peningkatan kinerja anggota. Ketiga, peningkatan kontribusi kepada negara,” kata Silmy dalam rilis yang diterima, Jumat (13/1).

Silmy menjelaskan, pelayanan menjadi target nomor satu. Hal tersebut sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang mengupayakan pengembangan dan kemudahan pelayanan keimigrasian baik kepada warga negara Indonesia (WNI) maupun WNA.

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Saya juga meminta isu-isu aktual yang ada, dari masukan-masukan tersebut, maka mari kita tingkatkan pelayanan di Imigrasi,” ujarnya yang didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Anggiat Napitupulu.

Selanjutnya, Silmy melakukan peninjauan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Pada kesempatan itu, Silmy meninjau ruang pelayanan paspor dan izin tinggal hingga fasilitas layanan ramah HAM. Dia memberikan apresiasi terhadap pelayanan yang telah diberikan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. “Ini di luar ekspektasi saya. Saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama. Layanan cepat dan bersih serta dukungan digitalisasi yang kita harapkan ke depan untuk meningkatkan pelayanan imigrasi,” tandas Silmy.

Tidak hanya pada bagian pengurusan paspor, Silmy juga melanjutkan peninjauan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Di sini, Silmy meninjau ruang kunjungan deteni dan blok hunian deteni serta berinteraksi dengan para deteni. Dia juga berharap agar petugas di Rudenim bisa mempertahankan kelayakannya serta menjaga sisi humanisnya.

Silmy juga melakukan peninjauan alur pemeriksaan kedatangan mulai dari konter pembayaran visa on arrival hingga ke konter-konter Imigrasi di Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Silmy memastikan tidak ada kendala dalam pelayanan keimigrasian baik kedatangan hingga keberangkatan internasional.

Anggiat Napitupulu menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Imigrasi yang telah memilih Provinsi Bali sebagai tujuan kunjungan kerja perdananya, sekaligus untuk meninjau pelayanan keimigrasian di wilayah Bali. *dar

Komentar