nusabali

Sukarini Ditunjuk Jadi Plt Kepala Bapenda Badung

  • www.nusabali.com-sukarini-ditunjuk-jadi-plt-kepala-bapenda-badung

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tunjuk Kepala Bidang (Kabid) Data dan Teknologi Informasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)/Pasedahan Agung Ni Putu Sukarini sebagai Plt Kepala Bapenda. Sebelumnya kursi tersebut kosong setelah I Made Sutama purna tugas pada 31 Desember 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, mengatakan penunjukan Sukarini sebagai Plt Kepala Bapenda telah dilakukan berdasarkan kajian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Kajian yang dilakukan baik itu dari segi aturan perundang-undangan, maupun kepatutan dan kemampuan personal calon Plt Kepala Bapenda yang diajukan kepada Bupati.

“Pertama harus memenuhi syarat berdasarkan regulasi. Kedua, harus memiliki kemampuan sesuai posisi yang akan ditempati. Apalagi Bapenda adalah OPD yang sangat strategis dan vital, karena menyangkut pendapatan daerah,” kata birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Di sisi lain, lanjut Adi Arnawa, Sukarini juga merupakan Kabid paling senior di Bapenda. “Bapak Bupati menunjuk Kabid paling senior di Bapenda, bukan dari OPD lain, dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya, Kabid senior tentunya memiliki kemampuan dan pengalaman dalam melaksanakan tupoksi di Bapenda. Apalagi target pajak daerah tahun 2023 ini cukup tinggi,” ujarnya.

Setelah penunjukan Sukarini sebagai Plt Kepala Bapenda, Adi Arnawa mengingatkan supaya langsung bekerja dan fokus dalam pelaksanaan tugas-tugasnya di Bapenda, tidak memikirkan kegiatan di OPD lain. “Plt Kepala Bapenda akan bertugas hingga dilantiknya Kepala Bapenda definiti,” katanya.

Disinggung pengisian pejabat definitive, Adi Arnawa menyebut menjadi kewenangan bupati. “Pengisian pejabat definitif sepenuhnya menjadi kewenangan Bapak Bupati,” tegasnya. *ind

Komentar