nusabali

Polsek Abiansemal Pertebal Pengamanan Umanis Kuningan

  • www.nusabali.com-polsek-abiansemal-pertebal-pengamanan-umanis-kuningan

MANGUPURA, NusaBali.com – Umanis Kuningan menjadi hari pelesiran pasca rangkaian yadnya yang panjang. Beberapa objek wisata menjadi hotspot masyarakat untuk berekreasi dan menyegarkan diri.

Fenomena ini menjadi perhatian tersendiri bagi Polsek Abiansemal. Sebab, di wilayah hukum Polsek Abiansemal terdapat titik kepadatan seperti Objek Wisata Alas Pala Sangeh Monkey Forest dan Taman Tirta Mumbul yang sering dipadati pengunjung.

Kedua objek wisata ini bisa dikatakan menjadi destinasi wajib warga Kecamatan Abiansemal bahkan Kecamatan Petang pada akhir rangkaian Galungan dan Kuningan.

Khusunya Taman Tirta Mumbul, bahkan sejak sebelum ditata seperti sekarang, area tersebut merupakan pusat pasar senggol musiman yang datang setiap hari raya. Pasar senggol musiman ini sempat menjadi primadona dan legenda masyarakat di Kecamatan Abiansemal.

Meskipun kini sudah ditertibkan dan jumlah pedagangnya tidak sebanyak di masa lalu, beberapa kalangan masyarakat masih mengunjungi pasar senggol musiman ini. Alasannya untuk bernostalgia pada masa-masa tahun 2000-an.

Demi mengantisipsi kepadatan pengunjung dan kendaraan di kedua titik tersebut, Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra memploting anggotanya untuk pertebalan pengamanan.

Selain menyasar titik berpotensi padat pengunjung, titik-titik jalan dengan potensi kemacetan juga diatensi. Beberapa titik rawan kemacetan yang dimaksud adalah silang Darmasaba, silang Pasar Mambal, dan silang Latusari.

“Kami sudah kerahkan anggota untuk melakukan penebalan pengamanan di objek wisata dan titik rawan kemacetan. Ini sudah biasa dilakukan di hari libur, apalagi Umanis Kuningan seperti sekarang pasti pelancong meningkat,” ujar Kompol Sudarma dikonfirmasi pada Minggu (15/1/2023) sore.

Kompol Sudarma menghimbau masyarakat yang melancong ke destinasi wisata di wilayah hukum Polsek Abiansemal untuk jangan terlena suasana liburan. Masyarakat diminta selalu waspada terutama soal barang bawaan pribadi dan kendaraan.

“Jangan menaruh barang berharga di dalam bagasi sadel kendaraan dan jangan mencantolkan kunci kontak di kendaraan begitu saja ketika ditinggal,” pesan mantan Kapolsek Negara.

Perhatian terhadap barang bawaan pelancong dan curanmor ketika musim liburan menjadi perhatian khusus bagi kepolisian terutama di bawah jajaran Polres Badung.

Tidak terkecuali Polsek Abiansemal yang mewilayahi objek wisata cukup prominen seperti Sangeh Monkey Forest dan kawasan wisata berkembang lain seperti Bongkasa, Bongkasa Pertiwi, dan Gerih. *rat

Komentar