nusabali

Disebut Bakal Jadi Pewaris Tahta Ketum PDIP

Puan : Bukan Tidak Mungkin, Tapi Belum Tentu

  • www.nusabali.com-disebut-bakal-jadi-pewaris-tahta-ketum-pdip

JAKARTA,NusaBali
Menjadi anak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri membuat sosok Puan Maharani disebut menjadi sosok yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan PDIP.

Namun, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP ini mengatakan, menjadi anak dari sosok Megawati tak lantas membuat dirinya menjadi pewaris tahta Ketum PDIP selanjutnya.

"Belum tentu. Jadi bukan tidak mungkin, tapi belum tentu lebih pasnya," ujar Puan, dalam wawancara di sebuah stasiun televisi, seperti dilansir detikcom, Sabtu (14/1/2023).

Puan menyebut selama menjabat sebagai Ketum PDIP, Megawati telah melahirkan banyak kader yang mumpuni. Bahkan, kader-kader tersebut telah mampu menduduki jabatan mulai dari kepala daerah hingga presiden. "Bu Mega sudah bisa menumbuhkan kader-kader terbaiknya di partai ini. Dari Presiden sampai kepala daerah, ada menteri, hingga Ketua DPR yang punya potensi. Tapi nggak serta merta bisa seperti itu. Karena untuk menentukan Ketum PDIP (selanjutnya) itu hak prerogatif Ketum PDIP," sambungnya.

Lebih lanjut, Puan menjelaskan meski merupakan anak Ketum PDIP, sejak kecil dirinya juga diajarkan untuk turun langsung merasakan hal-hal yang dirasakan oleh rakyat. "Nggak seperti yang dibayangkan orang-orang, bahwa karena saya anaknya, semuanya itu harus Puan, nggak. Saya dari kecil itu sudah diminta untuk melihat, kemudian merasakan. Saat saya muncul di politik, (saya diminta) turun ke bawah rasakan bagaimana rakyat itu di bawah. 'Roso puan rosoan'. Apa itu roso, Mah? Feeling, insting politik itu hanya bisa kamu temukan di lapangan," ungkapnya.

Dalam wawancara tersebut, Puan menyebut sosok yang akan dipilih menjadi penerus Ketum PDIP merupakan orang yang memang benar-benar mampu menjadi penerus Megawati. "Siapa yang kira-kira dianggap mampu meneruskan? Yang dianggap bisa meneruskan itu adalah bagaimana Ibu Mega melihat," pungkasnya. *

Komentar