nusabali

PDAM Kejar 1.425 Pelanggan Baru

Jamin Tak Pengaruhi Kualitas dan Debit Air

  • www.nusabali.com-pdam-kejar-1425-pelanggan-baru

TABANAN, NusaBali
Perusahaan Tirta Amertha Bhuana (PDAM Tabanan) pasang target sambungan baru di tahun 2023.

Target yang dipasang berjumlah 1.425 sambungan. Tambahan target ini menjadi jumlah tertinggi sejak berdirinya perusahaan pemerintah tersebut.

Dipasangnya target tersebut karena optimis akan mencapainya. Apalagi melihat dari situasi usaha properti di Tabanan semakin menggeliat, utamanya di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Kerambitan. Dengan dipasangnya target tertinggi tersebut PDAM Tabanan menjamin tak sampai mempengaruhi kualitas dan debit air pelanggan.

Kabag Langganan, I Kade Sudiana didampingi Kasubag Humas Perumda TAB Tabanan, Agus Suanjaya mengatakan, penambahan sambungan ini sudah sesuai hitungan dan kalkukasi. Artinya tak sampai nanti mempengaruhi debit air.

"Kita punya 34 titik sumber mata air. Dan mencukupi untuk mengairi 60.864 pelanggan kami termasuk nantinya sambungan yang kita target tersebut," jelas Sudiana, Kamis (12/1).

Sebanyak 34 sumber mata air ini terdiri dari 25 mata air klebutan, dan 9 sumber mata air permukaan. Kondisi debit airnya bagus dan berlimpah. "Selama penambahan sambungan, kita juga belum ada penambahan sumber mata air. Kami memanfaatkan yang ada. Dari jumlah sumber mata air ini masih berlebih sehingga diputuskan untuk menambah sambungan lebih tinggi," kata Sudiana.

Untuk itu, di tahun 2023 ini selain mengejar target Perumda TAB Tabanan juga berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Akan melakukan penyempurnaan pelayanan terutama jika ada keluhan terhadap pelanggan. "Selama ini begitu ada keluhan kita sigap melayani supaya cepat teratasi," tegas Sudiana.

Sementara itu Kasubag Humas Perumda TAB Agus Suanjaya mengakui penambahan sambungan baru ini juga dibarengi masih adanya jumlah cabutan sambungan. Sepanjang tahun 2022 kemarin total pencabutan sebanyak 724 SR, dan di bulan Desember atau akhir tahun tercatat 56 SR cabutan.

“Cabutan ini ada karena tunggakan rekening dan ada yang mohon mengundurkan diri karena punya sumur bor. Namun untuk pemasangan kembali di tahun 2022 juga ada, itu tercatat sebanyak 206 SR dominan perumahan,” terangnya.

Dan untuk memaksimalkan pelayanan terbaik kepada pelanggan, kata Suanjaya Perumda Tirta Amertha Buana juga telah memiliki aplikasi SimpelTAB yang bisa didownload di PlayStore. Dalam aplikasi ini pelanggan bisa mengetahui  tagihan, menyampaikan keluhan, hingga membaca meter mandiri. "Pelanggan bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk dapat mengetahui secara detail," pintanya. *des

Komentar