nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Rakortas

Upaya Mengurangi Kecelakaan di Pantai Kawasan Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-rakortas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin rapat koordinasi terbatas (Rakortas) sebagai upaya mencegah dan mengurangi kasus wisatawan terseret ombak di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Rakortas digelar di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (12/1).

Peserta Rakortas yakni Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (Forkompinda) Klungkung. Salah satunya mengkaji lifeguard dan meminta penjaga pantai tegas kepada wisatawan yang melanggar rambu-rambu keselamatan.  Bupati Suwirta menyampaikan penanganan jangka pendek dengan melakukan pencegahan agar kasus wisatawan terseret arus tidak kembali terulang. “Dinas Pariwisata dan instansi terkait agar mengkaji pantai yang aman untuk aktivitas berenang,” pinta Bupati Suwirta. Balaswita harus tegas kepada wisatawan yang melanggar rambu-rambu peringatan tanda bahaya. Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra ditugaskan mengkaji SDM yang dipekerjakan sebagai lifeguard dan penggajian harus sesuai dengan kondisi di lapangan. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) diminta pasang CCTV di beberapa lokasi strategis di objek wisata di Nusa Penida.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta meminta pengelola pariwisata memasang rambu atau imbauan kerawanan di sekitar lokasi. “Kami sudah melakukan upaya preemtif dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas mengimbau para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida agar tetap menjaga keselamatan,” ungkap AKBP Nengah Sadiarta. Pada Desember 2022 hingga pertengahan Januari 2023 terjadi 4 kecelakaan di Pantai Diamond dan Pantai Kelingking. Pada Selasa, (3/1) siang, tiga wisatawan terseret ombak Pantai Diamond, 2 hilang dan 1 selamat.

Kedua wisatawan terseret ombak yakni Yury Chernyavskiy, 36, asal Jerman, dan Matthias Mittringer, 42, asal Austria. Hingga Jumat (6/1) sore keberadaan korban belum ditemukan. Sedangkan Daniel Hrdliczka, 37, asal Austria berhasil selamat. Kecelakaan lainnya dialami wisatawan asal Malaysia, Niliasih AJ Jeganathan, 24. Korban tewas tenggelam saat berenang di Pantai Diamond, Selasa (27/12). Wisatawan asal Amerika, Matthwe Jhon, 31, digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Senin (26/12) siang. Akibatnya korban mengalami keseleo pada bahu kiri dan langsung dilarikan ke Klinik Nusa Medical, Nusa Penida.

Wisatawan asal Cina, Chiu Way Vivian, 26, terkilir di Pantai Diamond, Rabu (14/12) siang. Akibatnya korban tidak bisa menaiki tangga sehingga dievakuasi dengan tandu oleh Tim SAR, Polri, dan TNI. Hasil pemeriksaan tim medis, korban mengalami keseleo pada kaki. *wan

Komentar