nusabali

Warga Keluhkan Pembakaran Kulit Bawang

  • www.nusabali.com-warga-keluhkan-pembakaran-kulit-bawang

SEMARAPURA, NusaBali
Warga mengeluhkan pembakaran kulit bawang di seputaran Pasar Galiran, Klungkung.

Asap pembakaran kulit bawang masuk ke pemukiman warga. Keluhan itu mendapat atensi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) dan Satpol PP Klungkung dengan menyusuri kios pedagang bawang di seputaran Pasar Galiran, Kamis (12/1) pagi.

Kadis LHP Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan, warga sekitar sangat terganggu dengan asap pembakaran kulit bawang. Warga yang punya bayi khawatir dengan kesehatan buah hatinya. “Warga khawatir anaknya mengalami gangguan pernapasan akibat menghirup asap pembakaran kulit bawang,” ujar Suadnyana. Dari hasil penelusuran tim, pembakar kulit bawang ternyata lansia yang bekerja memungut bawang sisa di Pasar Galiran.

Kulit bawang itu dibakar di lahan kosong. “Kami sudah berikan edukasi, membakar kulit bawang sembarangan menyebabkan polusi udara,” ujar Suadnyana. Petugas DLHP juga memberikan edukasi kepada para pedagang bawang untuk selalu mengelola sampahnya dengan baik. Bahkan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sering turun langsung menindak para pedagang bawang yang tidak mengelola limbahnya dengan baik. *wan

Komentar