nusabali

Persib Kalahkan Persija, PSM Juara Paruh Musim

  • www.nusabali.com-persib-kalahkan-persija-psm-juara-paruh-musim

JAKARTA, NusaBali
Persija Jakarta gagal mengkudeta PSM Makassar dari pucuk klasemen BRI Liga 1 2022/2023.

Kekalahan dari Persib Bandung pada Rabu (11/1) petang WITA,  membuat tim Macan Kemayoran harus puas mengakhiri paruh musim di posisi kelima.

Berlaga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Persija mampu mengimbangi kekuatan Persib. Anak asuh Thomas Doll itu bahkan berhasil menciptakan sejumlah peluang.

Persib yang tampil tanpa David da Silva, di sisi lain, lebih efektif. Maung Bandung seringkali mengeksploitasi kedua bek sayap Persija dengan bertumpu pada kecepatan Ciro Alves. Pada akhirnya, Persib mengandaskan Persija lewat gol Ciro Alves pada babak kedua.

Pelatih Persib Luis Milla bersyukur timnya bisa meraih poin penuh dilaga tersebut. Kemenangan ini, kata Milla, tak lepas dari dukungan penuh bobotoh. Milla juga mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang tampil habis-habisan.

Hasil ini membuat PSM memastikan status juara paruh musim BRI Liga 1. PSM memang layak menasbihkan status juara paruh musim, karena mereka jadi satu-satunya tim dengan jumlah kekalahan paling sedikit, yakni satu kali.

Kendati demikian, Bali United (36) dan Borneo FC (34) menjadi dua tim teratas dengan torehan gol terbanyak. Di sisi lain, RANS Nusantara FC jadi tim dengan rekor kebobolan terbanyak (35) hingga pekan ke-17.

PSM dan Persija juga bangga dengan pertahanannya. Kedua tim paling minim kebobolan, yakni masing-masing 10 dan 12, disusul Madura United yang baru 14 kali kebobolan.

Sedangkan Persik Kediri harus banyak berbenah. Menengok performanya selama 17 pertandingan di Liga 1 , tim asal Jawa Timur itu mengalami sembilan kekalahan dan satu kemenangan. Soal kekalahan, Persik bersama Dewa United, PSS Sleman, dan PSIS Semarang paling sering kalah.

Meski absen pada laga pemungkas paruh musim Liga 1 , David da Silva masih di puncak daftar pencetak gol terbanyak, dengan 13 gol. Matheus Pato dari Borneo FC dengan 12 gol, disusul Privat Mbarga, Rafael Silva, dan Lulinha berkat suntingan sembilan gol.

Ilija Spasojevic (7 gol) dan Wildan Ramdhani (6 gol) menjadi dua produk lokal di jajaran 10 besar. Adapun striker berlabel Timnas, Dimas Drajad, mengoleksi lima gol. *

Komentar