nusabali

Wisman Tiongkok di Tabanan Masih Nihil

  • www.nusabali.com-wisman-tiongkok-di-tabanan-masih-nihil

TABANAN, NusaBali
Tiga hari pasca dibukanya perbatasan internasional Tiongkok per Minggu (8/1) lalu, jumlah kunjungan wisatawan negeri Tirai Bambu ke sejumlah DTW di Tabanan masih nihil.

Padahal dibukanya perbatasan ini menjadi angin segar bagi DTW lantaran kunjungan dari negara tersebut yang biasanya mendominasi.  Asisten Manajer DTW Tanah Lot, I Putu Toni Wirawan mengatakan, kunjungan wisatawan Tiongkok masih nihil ke Tanah Lot. Padahal kondisi ini yang ditunggu oleh sejumlah DTW. "Kita belum menerima kunjungan wisatawan Tiongkok, apa memang wisatawannya yang  belum datang atau bagaimana?" kata Toni Wirawan penuh tanya, Rabu (11/1).

Di sisi lain meskipun tengah bersiap menyambut kunjungan, DTW Tanah Lot tak melakukan persiapan penyambutan khusus. Pelayanan tetap dilakukan sesuai prosedur. "Pelayanan sama dengan melayani wisatawan lain dan menjalankan protokol kesehatan yang susah berjalan selama ini," katanya.

Toni Wirawan mengakui selama ini atau sebelum pandemi, memang kunjungan wisatawan Tiongkok yang mendominasi ke Tanah Lot. Sehingga pasca open border ini diharapkan suasana kunjungan Tiongkok semakin ramai. "Harapan kita semoga mereka cepat bisa berkunjung ke Bali terutama ke Tanah Lot," jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Badan Pengelola DTW Ulun Danu Beratan, Wayan Mustika. Kata dia, hingga kini untuk kedatangan wisman asal Tiongkok masih nihil. "Ya kita berharap pasca open border oleh pemerintah Tiongkok bisa mendongkrak kedatang wisatawan, terlebih lagi angka kunjungan wisman asal Tiongkok ini selalu mendominasi atau hampir menyamai kedatangan wisman dari India pada saat sebelum pandemi lalu," kata Mustika. *des

Komentar